Home Editor's Picks Pembangunan Jaro Fokus Dukung Pengembangan Agrowisata

Pembangunan Jaro Fokus Dukung Pengembangan Agrowisata

by tabalong hari ini
0 comment

Ratusan usulan disampaikan dalam musyawarah rencana pembangunan tingkat Kecamatan Jaro pada Senin 6 Februari 2023. Usulan tersebut difokuskan untuk pengembangan dan peningkatan sektor Agrowisata Jaro.

Musyawarah rencana pembangunan RKPD Tahun 2024 di Kecamatan Jaro, menghasilkan sebanyak 120 usulan. Yang mana usulan tersebut didapat dari hasil Musrenbang 9 desa yang ada di Kecamatan Jaro.

120 usulan tersebut, terdiri dari 74 usulan pembangunan infrastruktur, 40 usulan non infrastruktur, serta 6 usulan pemberdayaan peningkatan keterampilan teknis wira usaha.

Camat Jaro, Suwandi menjelaskan dalam RKPD 2024 pihaknya memfokuskan sejumlah usulan prioritas untuk mendukung peningkatan dan pengembangan sektor agrowisata mulai dari pelebaran jalan menuju arah wisata, hingga pembangunan yang berhubungan langsung dengan sektor pertanian, perkebunan, hingga peternakan.

“Prioritas yaitu pelebaran jalan untuk masuk ke Agrowisata dan Alhamdulillah ini dari provinsi juga hadir ini peninjauan lapangan terkait Bendung Jaro 2 nah ini menjadi suatu Ikon, karena provinsi dan kabupaten harus sinergi juga kami yang ada di Kecamatan Jaro. Kemudian juga pilar perbatasan gapura perbatasan nah ini juga menjadi suatu ikon untuk provinsinya, tapi untuk kabupaten kecamatan sendiri adalah mengedepankan ketahanan pangan, perikanan, tanaman pangan, hortikultura, dan tidak kalah pentingnya yaitu perkebunan dan peternakan. Karena semuanya ada di jaro untuk dikembangkan itu pilar yang kita sikapi bersama,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Bappedalitbang Kabupaten Tabalong, M. Noor Rifani menilai usulan Kecamatan Jaro telah sesuai dengan fokus RKPD Tahun 2024, menurutnya dengan sedikit sentuhan pembangunan maka wisata di Kecamatan Jaro mampu menarik wisatawan, terlebih hadirnya Ibukota Negara baru di Kalimantan Timur.

Baca Juga  PJ Bupati Hamida Tekankan Pentingnya Asas Desentralisasi dalam Pemerintahan

“Ya saya kira ini tempatnya ini kan sudah ada tinggal kita kembangkan aja lagi kita poles lagi sedikit kita jadikan manajemen yang profesional kemudian sarana prasarana-prasarana kita lengkapi Insya Allah wisata yang hits di Kabupaten Tabalong karena potensinya ada pasarnya sudah ada dekat dengan IKN saya kira ini sudah tinggal menjalankan aja lagi tinggal di poles sedikit udah jalan ini,” katanya.

Musrenbang ini turut dihadiri, Staf Ahli Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan Setda Tabalong Syaiful Ikhwan, sejumlah Anggota Dewan Dapil Utara , sejumlah  Kepala SKPD, Kepala Desa se Kecamatan Jaro, dan sejumlah unsur masyarakat lainnya.

Maria Ulfah,TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment