Home Editor's Picks Musrenbang Tingkat Kecamatan Berakhir, 2.401 Usulan Berhasil Dihimpun

Musrenbang Tingkat Kecamatan Berakhir, 2.401 Usulan Berhasil Dihimpun

by tabalong hari ini
0 comment

Musrenbang RKPD Tahun 2024 tingkat Kecamatan di Tabalong resmi berakhir. 2 ribu lebih usulan berbagai sektor berhasil dihimpun. Seluruh usulan tersebut akan kembali dipilah untuk menentukan usulan super prioritas.

Total sebanyak 2 ribu 4 ratus satu usulan berhasil dihimpun Bappeda Litbang Tabalong selama pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan rencana kerja pemerintah daerah Tahun 2024 yang digelar di 12 kecamatan di Tabalong dalam kurun waktu 2 minggu terakhir .

Usulan tersebut terdiri dari , sebanyak 96 usulan Kecamatan Pugaan, 294 usulan Kecamatan Banua Lawas, 511 usulan Kecamatan Kelua, 59 usulan Kecamatan Muara Harus, 111 usulan Kecamatan Bintang Ara, 263 usulan Kecamatan Haruai, 105 usulan Kecamatan Upau, 281 usulan Kecamatan Muara Uya, 120 usulan Kecamatan Jaro, 142 usulan Kecamatan Tanjung, 232 usulan Kecamatan Murung Pudak, dan 187 usulan Kecamatan Tanta.

Kepala Bappeda Litbang Tabalong, Noor Rifani yang ditemui usai Musrenbang di Kecamatan Tanta, Jumat 10 Februari 2023 tadi menjelaskan, dari seluruh usulan tersebut Pemerintah Kabupaten Tabalong akan melakukan sejumlah langkah strategis, salah satunya dengan merealisasikan usulan program dan kegiatan secara bertahap.

Hal ini dilakukan lantaran terbatasnya anggaran pemerintah daerah untuk mengakomodir seluruh usulan tersebut.

“Diusulkan masuk tapi tidak mungkin bisa full, tapi bertahap, itu bisa juga kita lakukan. Jadi tentu dari SKPD juga punya strategi-strategi khusus dengan keterbatasan fiskal ini, keterbatasan dana ini, tapi kegiatan program ini bisa jalan. Tetap dari sesi efisiensi dan efektivitas bisa kita laksanakan,” katanya,

Baca Juga  Rayakan Idul Fitri Serentak, Begini Suasana Salat Idul Fitri Warga Muhammadiyah

Noor Rifani turut mengapresiasi, upaya pemerintahan desa dan kelurahan, yang telah memilah usulan lebih awal berdasarkan skala prioritas, sehingga usulan yang masuk di tingkat kecamatan lebih fokus.

Rifani menambahkan, setelah Musrenbang tingkat kecamatan, selanjutnya akan dilakukan pembahasan usulan pada forum internal masing-masing SKPD, forum antar SKPD, Musrenbang pertanian, dan Musrenbang tingkat kabupaten.

Musrenbang tingkat kabupaten yang menjadi akhir penyusunan RKPD Tahun 2024 sendiri dijadwalkan berlangsung pada minggu ketiga bulan Maret Tahun 2023.

Alfi Syahrin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment