Home Tabalong Hari Ini Desabumi Hadirkan Energi Terbarukan bagi Desa Bangkiling Raya

Desabumi Hadirkan Energi Terbarukan bagi Desa Bangkiling Raya

by tabalong hari ini
0 comment

Desabumi yang menjadi gerakan untuk menjembatani kesenjangan pembangunan antara pedesaan dan perkotaan melalui energi terbarukan kini hadir untuk Desa Bangkiling Raya, Kecamatan Banua Lawas.

Desabumi menghadirkan energi terbarukan bagi Desa Bangkiling Raya, khususnya di Pondok Pesantren Miftahul Ulum. Energi terbarukan ini didukung dengan pemberian bantuan berupa sistem panel surya berkapasitas 5,3 kilowatt di Pesantren Miftahul Ulum.

Bantuan panel surya ini diserahkan sekaligus diresmikan langsung oleh Founder Desabumi, Gamma, pada Rabu 21 Juni 2023.

Gamma mengatakan dipilihnya Desa Bangkiling Raya ini karena memiliki karakter dan potensi yang besar untuk didorong melalui energi terbarukan. Ia pun mengharapkan agar melalui program ini dapat meningkatkan kesejahteraan khususnya bagi para santri.

Disamping itu, para santri diharapkan bisa menjaga dan merawat segala bentuk komponen yang ada agar tetap bisa digunakan secara berkelanjutan.

“Mungkin pesan saya untuk santri-santri yang memanfaatkan fasilitas ini, tolong dijaga, bukan hanya untuk membantu kamu, tapi untuk membantu santri-santri berikutnya. Jadi, fikirkan santri-santri berikutnya, serta jangan takut untuk kontak kalau perlu bantuan untuk menjaganya gimana, atau perlu teknisi. Kita tidak lepas tangan, kalau bantu totalitas, tetap ada pendampingan untuk pemeliharaannya,” ujar Gamma, Founder Desabumi.

Pada semester pertama tahun 2023 ini, Desabumi mendukung perkembangan perikanan air tawar dan perkebunan dengan pemasangan panel surya dengan kapasitas 5,3 kilowatt yang dimanfaatkan untuk usaha perikanan serta penerangan area Pesantren Miftahul Ulum.

Baca Juga  Rekayasa Lalu Lintas Jalan Taman Giat Kota Tanjung akan Disimulasikan

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment