Home Tabalong Hari IniPertanian & Perkebunan Hasil Sensus Pertanian Jadi Dasar Kebijakan Pemerintah di Bidang Pertanian

Hasil Sensus Pertanian Jadi Dasar Kebijakan Pemerintah di Bidang Pertanian

by tabalong hari ini
0 comment

Pelaksanaan Sensus Pertanian tahun 2023 serentak dilaksanakan di Indonesia, termasuk di Kabupaten Tabalong. Data yang terhimpun melalui Sensus Pertanian nantinya pun akan membawa manfaat bagi pemerintah dan masyarakat.

Pelaksanaan Sensus Pertanian tahun 2023 serentak dimulai pada 1 Juni 2023 hingga 31 Juli mendatang. Sensus Pertanian sendiri merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali oleh Badan Pusat Statistik sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, dan di tahun 2023 ini merupakan Sensus Pertanian yang ke-7.

Pelaksanaan Sensus Pertanian ini menyasar seluruh masyarakat Tabalong di 121 desa dan 13 kelurahan yang tersebar di 12 kecamatan, khususnya yang bergerak di sektor pertanian. Dalam Sensus Pertanian ini, seluruh subsektor pertanian didata sehingga nantinya mendapatkan data pertanian yang akurat.

Ketua Sensus Pertanian 2023 BPS Kabupaten Tabalong, Aspiansyah, mengatakan bahwa data yang sudah terhimpun dari hasil Sensus Pertanian ini nantinya akan dimanfaatkan oleh pemerintah untuk mengambil suatu kebijakan yang tepat di sektor pertanian. Terlebih sektor pertanian sendiri merupakan sektor yang memiliki peran yang strategis dalam pembangunan.

“Kalau untuk data yang sudah terhimpun itu nanti manfaatnya akan sangat banyak sekali, terutama untuk pemerintah sebagai bahan kebijakan pemerintah untuk merencanakan dan mengevaluasi kegiatan pembangunan khususnya di sektor pertanian. Jadi juga masyarakat pun nanti akan mendapatkan manfaat juga sehingga kita bisa tahu nanti sektor-sektor mana di wilayah kita yang perlu mendapatkan perhatian.” ujar Aspiansyah, Ketua Sensus Pertanian 2023 BPS Tabalong.

Baca Juga  Berdagang di Trotoar, PKL di Pasar Kelua Ditertibkan

Aspiansyah pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Tabalong untuk bisa menerima kedatangan petugas Sensus Pertanian dan bisa memberikan informasi kepada petugas secara jujur dan benar.

Pada Sensus Pertanian tahun 2023 ini, BPS Kabupaten Tabalong menurunkan 258 petugas sensus yang terdiri dari 210 orang petugas pencacah lapangan, 42 orang petugas pemeriksa lapangan, dan 6 orang koordinator sensus kecamatan.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment