Warga Jaro Dilatih Cara Membuat Kreasi Hantaran

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Tabalong, memberikan pelatihan kreasi hantaran pada warga Desa Nalui Kecamatan Jaro. Pelatihan ini digelar pada 1 November 2022 di Wisata Batu Timbul Desa Nalui.

Pelatihan kreasi hantaran ini untuk meningkatkan SDM warga Desa Nalui. Terlebih di desa ini belum ada warga yang memiliki usaha kreasi hantaran, sehingga potensinya masih terbuka lebar. Selain kreasi hantaran, Kepala Diskop UKM Perindag Husin Ansari, mengaku terus mendorong warga desa nalui berkreasi dengan potensi lokal sehingga menjadi produk khas daerah sini.

“Masyarakat di Kecamatan Jaro ini kalau memerlukan hantaran itu bisa memesan kewarga yang sudah kita latih ini, dan kedepannya terus kita dorong warganya agar tidak hanya membuat hantaran aja, tapi juga membuat yang lain lain khususnya ciri khas di Desa Nalui ini,” Tuturnya.

Pelatihan kerajinan ini turut didukung pemerintah Desa Nalui. Kepala Desa Nalui, Sudik menjelaskan akan menindaklanjuti pelatihan kreasi hantaran ini, dengan program pemberdayaan yang ada di desa.

“Insyaallah nanti kita koordinasikan bersama pemerintah desa, artinya kesiapan dan kemauan dari peserta itu kaya gimana, artinya kalau memang kemauannya ada untuk mengembangkan hasil dari pelatihan itu Insyaallah akan kami tindak lanjuti, ujarnya.

Sudik berharap melalui berbagai intervensi pemberdayaan SDM, keahlian dan perekonomian warganya meningkat. Sehingga turut siap menyambut IKN di Kalimantan Timur.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment