Home Editor's Picks Sukses Kendalikan Inflasi, Pemkab Tabalong Kembali Launching “SI JULAKWASI” Tahap II

Sukses Kendalikan Inflasi, Pemkab Tabalong Kembali Launching “SI JULAKWASI” Tahap II

by tabalong hari ini
0 comment

Dinilai berhasil menekan angka inflasi, Pemerintah Kabupaten Tabalong kembali melanjutkan program Jual Sayur, Ikan, Sembako Kawal Inflasi atau Julak Wasi tahap II. Program Julak Wasi tahap II diluncurkan secara resmi pada Rabu, 21 Juni 2023.

Sebanyak 75 SI JULAKWASI yang terdiri dari 50 pedagang sayur keliling dan 25 pedagang ikan keliling menjadi sasaran program SI JULAKWASI tahap II Pemkab Tabalong. Puluhan SI JULAKWASI ini dilepas langsung oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Tabalong, yang ditandai dengan pemasangan atribut berupa jaket dan helm secara simbolis oleh Forkopimda.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, dalam sambutannya mengatakan bahwa SI JULAKWASI turut berperan dalam pengendalian inflasi di Tabalong pada tahun 2022. Sehingga Pemkab Tabalong mendapat dana insentif daerah sebesar 21 miliar rupiah dari pemerintah pusat, setelah menjadi kabupaten dengan inflasi terendah ke-2 pada kuartal 1 dan ke-5 pada kuartal 2 di Indonesia.

Orang nomor satu di Tabalong ini juga menilai program SI JULAKWASI yang menjual kebutuhan pokok dengan harga terjangkau turut memberi manfaat bagi masyarakat. Sehingga ke depan ia meminta jumlah SI JULAKWASI terus ditambah.

“Ini merupakan ikhtiar nyata kita untuk meringankan beban masyarakat supaya harga kebutuhan pokok terjangkau, dan ini merupakan kegiatan ibadah dari ibu bapak SI JULAKWASI untuk membantu sesama,” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Baca Juga  Komisi 1 DPRD Siap Dampingi Dinkes Sosialisasikan Masalah Stunting

Bupati Anang menambahkan bahwa ke depan, pemerintah daerah melalui Diskopukmperindag Tabalong akan mengupayakan SI JULAKWASI memiliki asuransi jiwa dan menambah sejumlah bantuan. Sementara itu, Kepala Diskop UKM Perindag Tabalong, Syam’ani, dalam laporannya menjelaskan bahwa SI JULAKWASI tahap dua akan mendapatkan berbagai subsidi, mulai dari ketersediaan kebutuhan pokok hingga operasional.

“Dalam launching Julak Wasi tahap 2 ini, seluruh pedagang akan diberikan satu set helm, jaket, payung box untuk ikan, kemudian keranjang untuk sayur. Speaker juga diberikan, kemudian bantuan bahan baku senilai 1 juta rupiah serta bantuan BBM sebanyak 20 liter per bulan selama 4 bulan,” ujar Syam’ani, Kepala Diskop UKM Perindag Tabalong.

Diketahui, SI JULAKWASI merupakan program yang diinisiasi Diskopukmperindag Tabalong yang diluncurkan pertama kali pada 21 November 2022 lalu. Kini terdapat 145 SI JULAKWASI yang tersebar di 12 kecamatan yang ada di Tabalong.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

You Might Be Interested In
Baca Juga  Bupati Anang: Bedah Rumah Polda Kalsel Dukung Kawasan Nol Persen Kumuh

Related Articles

Leave a Comment