Warga Upau Kenakan Baju Adat Saat Upacara HUT RI

by tabalong hari ini
0 comment

Sebagai wilayah yang memiliki keberagaman suku, agama, dan kebudayaan, pemerintah Kecamatan Upau menggelar upacara peringatan proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dengan menghadirkan berbagai pakaian adat, pada Rabu 17 Agustus 2022, di Lapangan Desa Masingai II Kecamatan Upau. Beragam pakaian adat yang dikenakan tokoh masyarakat ini mencerminkan karakter masing-masing desa di Kecamatan Upau. Yakni Suku Banjar, Dayak, dan Jawa.

Camat Upau, Rofik Aziddin mengatakan, pelaksanaan upacara dengan berpakaian adat menindaklanjuti instruksi Bupati Tabalong, untuk lebih memeriahkan peringatan HUT RI ke-77. Ia menjelaskan, cara unik ini dipilih untuk menggambarkan Kecamatan Upau sebagai miniatur Indonesia yang berada di wilayah Kabupaten Tabalong.

 “Ini mencirikan bahwa Kecamatan Upau ini adalah kecamatan yang menjadikan dia sebagai miniatur Indonesia, karena semua agama ada, semua budaya ada disini. Kami berharap pelaksanaan HUT 17 Agustus ke-77 ini bisa lebih meriah lagi,” ungkap Rofik Aziddin.

Selain tokoh masyarakat yang berpakaian adat, upacara juga diikuti seluruh unsur Forkopimca Upau, Ketua BPD, perwakilan MUI, Kepala KUA, para kepala desa, tokoh adat, dan tokoh pemuda di Kecamatan Upau, serta turut mengundang seluruh elemen Masyarakat Upau.

Pada kesempatan ini, Rofik Azzidin mengapresiasi, seluruh Masyarakat Upau yang turut berpastisipasi memeriahkan HUT RI ke-77 dengan menggelar berbagai kegiatan di masing-masing desanya. Seperti karnaval budaya, pawai malam tanglong, panjat pinjang, dan beberapa perlombaan lain. Ia pun berharap, terselenggaranya kegiatan positif seperti ini negara Indonesia dapat pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat.

(TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment