Home Tabalong Hari Ini Bakucau Iwak Cara Warga Ampukung Panen Ikan Saat Kemarau

Bakucau Iwak Cara Warga Ampukung Panen Ikan Saat Kemarau

by Muhammad Rais
0 comment

Warga Desa Ampukung, Kecamatan Kelua, bersama Pemerintah Kecamatan Kelua, melakukan kegiatan panen ikan rawa atau “Bakucau Iwak”. Bakucau Iwak dilakukan dengan cara tradisional menggunakan tangan kosong.

Bakucau Iwak ini dilaksanakan pada 26 September 2023 di areal persawahan Desa Ampukung, Kecamatan Kelua.

Dengan peralatan tangkap tradisional, masyarakat bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Kelua dan dinas terkait lainnya terlihat antusias mengikuti Bakucau Iwak.

Beragam ikan air tawar beragam ukuran pun berhasil ditangkap, seperti nila, gabus, haruan, tauman, papuyu, baung, dan berbagai jenis ikan lainnya.

Camat Kelua, Suwandi, mengatakan bahwa kegiatan Bakucau ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan warga setempat saat musim kemarau. Bakucau Iwak ini digelar untuk menjaga kelestarian ekosistem perikanan di air tawar dan memelihara kearifan lokal masyarakat setempat.

“Alhamdulillah kebersamaan dan sinergitas ini hasilnya cukup bagus, dan sekaligus kita sosialisasikan kepada masyarakat bahwa untuk penangkapan ikan, kita laksanakan dengan kearifan lokal, kita jaga, dan juga jangan memakai setrum listrik maupun kimia obat-obatan yang racun. Itu tidak diizinkan dalam undang-undang. Kita gunakan dengan kearifan lokal, dan itu akan menjaga ekosistem yang ada dalam perikanan kita,” ujar Suwandi, Camat Kelua.

Suwandi menambahkan bahwa melalui kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Ampukung, mengingat Ampukung ditunjuk sebagai Desa Pelaksana Peningkatan Kualitas Keluarga atau P2K2 di Tabalong.

Baca Juga  Sambut IKN DKPPTPH Fokus Stabilkan Ketahanan Pangan Tabalong

Dari Bakucau Iwak ini, masyarakat berhasil menangkap ratusan kilogram ikan. Sebagian ikan tersebut dibagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat, dan sebagian hasilnya turut dijual.

Bakucau Iwak ditutup dengan makan bersama ikan hasil tangkapan oleh seluruh masyarakat yang terlibat.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment