Home Editor's Picks Puskesmas Kelua Terbaik Pertama Puskesmas Ramah Anak Tingkat Kalsel

Puskesmas Kelua Terbaik Pertama Puskesmas Ramah Anak Tingkat Kalsel

by Muhammad Rais
0 comment

Puskesmas Kelua berhasil menorehkan prestasi dengan meraih predikat terbaik pertama tingkat Provinsi Kalimantan Selatan sebagai Puskesmas Ramah Anak. Berkat prestasi ini, Puskesmas Kelua dijadikan sebagai rujukan Puskesmas Ramah Anak di Tabalong.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor kepada Kepala Puskesmas Kelua Dokter Ony Erawaty, saat peringatan Hari Anak Nasional ke-39 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan pada Senin 28 Agustus 2023 di Banjarbaru.

Puskesmas Kelua berhasil meraih predikat terbaik 1 fasilitas kesehatan yang melaksanakan pelayanan ramah anak di Puskesmas atau PRAP Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023 dengan nilai akhir 246.

Ditemui belum lama tadi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong Dokter Taufiqurrahman Hamdie, mengungkapkan berkat capaian ini maka Puskesmas Kelua bakal dijadikan rujukan untuk Puskesmas lainnya di Tabalong.

“Ada standarisasi ya daripada pelayanan Puskesmas Ramah Anak, jadi aspek-aspeknya itu dinilai, nah dari nilai tersebut kita ketahui Puskesmas Ramah Anak di Kelua itu kalau dari sisi standar sudah mencapai hampir 98 sekian persen atau di angka 246 dari 250 nilai sempurna,” ujar dr. Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinkes Tabalong.

Senada dengan hal itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Tabalong Rusmadi, berharap seluruh Puskesmas yang ada di Tabalong dapat semakin mantap menjadi Puskesmas Ramah Anak.

Baca Juga  Momen Warga Gotong Royong Siapkan Makanan untuk Jamaah Haul Guru Sekumpul

“Kami berharap Puskesmas-Puskesmas yang lain yang ada di Kabupaten Tabalong ini, ada 18 Puskesmas, dapat mencontoh Puskesmas Kelua, karena semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Tabalong ini sudah ditetapkan menjadi Puskesmas Ramah Anak. Tinggal aplikasinya saja di lapangan bagaimana sesuai dengan indikator yang menjadikan Puskesmas Ramah Anak,” ujar Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Tabalong.

Melalui hasil ini juga diharapkan kesehatan anak semakin terpenuhi, jumlah anak sehat semakin meningkat, dan permasalahan kesehatan menurun di Kabupaten Tabalong.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment