Home Tabalong Hari IniPendidikan Hari Pertama Sekolah, Siswa SD Ikuti Pengenalan Lingkungan Sekolah

Hari Pertama Sekolah, Siswa SD Ikuti Pengenalan Lingkungan Sekolah

by Muhammad Rais
0 comment

Memasuki tahun ajaran baru 2023/2024, sejumlah sekolah dasar di Kabupaten Tabalong mengisi kegiatan dengan pengenalan diri dan juga pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru. Kegiatan ini pun diharapkan mampu mempercepat anak untuk beradaptasi dan mampu mengikuti pembelajaran dengan baik.

Pasca libur panjang semester, seluruh sekolah di Kabupaten Tabalong secara serempak kembali masuk sekolah pada Senin 10 Juli 2023 untuk mengikuti kegiatan pembelajaran tahun ajaran baru 2023/2024.

Pada momen ini, sejumlah sekolah pun mengisi kegiatan hari pertama sesuai dengan kebijakan di sekolahnya masing-masing.

Seperti yang terpantau di SD Negeri 1.5 Belimbing Kecamatan Murung Pudak, kegiatan untuk siswa baru diisi dengan pengenalan diri dan juga pengenalan terhadap lingkungan sekolah.

Sementara untuk kelas 2 hingga kelas 6, kegiatan diisi dengan pengenalan diri serta membuat kesepakatan bersama antara para murid dan juga wali kelas mengenai aturan kelas selama 1 semester.

“Untuk kelas 1 pada hari ini itu sesuai dengan jadwal kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah yang untuk hari pertama adalah pengenalan diri. Nah, pengenalan diri ini kegiatannya adalah pengenalan potensi dari siswa baru. Nah, di situ siswa akan memperkenalkan diri, jadi memberikan kesempatan pada para siswa dapat menyampaikan identitas dirinya, namanya, tempat tinggalnya, gitu. Untuk kelas atas di hari pertama ini mereka yang pertama itu ada pengenalan diri juga kepada guru walinya, tentu berbeda ya guru walinya karena sudah naik kelas. Nah, setelah perkenalan dengan walinya nanti akan membuat kesepakatan-kesepakatan,” ujar Juniatul Hasanah, Guru Mata Pelajaran SDN 1.5 Belimbing Murung Pudak.

Baca Juga  Lantik 19 P3K Hasil Optimalisasi, Wabup Mawardi Ingatkan Soal Perilaku ASN

Senada dengan SDN 1.5 Belimbing, kegiatan di SDN 5.8 Tanjung juga diisi dengan kegiatan pengenalan diri dan juga pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru.

Sementara untuk kelas 2 hingga kelas 6, diisi dengan kegiatan gotong royong membersihkan kelas, lalu dilanjutkan dengan kegiatan pembelajaran seperti biasa.

“Kegiatan hari pertama hingga hari ketiga kami untuk pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru yang baru masuk di kelas 1. Untuk kelas 2 hingga kelas 6 pada hari ini sudah mulai aktif dalam pembelajaran seperti mana biasanya yaitu seperti yang sudah kami siapkan,” ujar Nurdin, Panitia Penerimaan Siswa Baru SDN 5.8 Tanjung.

Dengan adanya kegiatan pengenalan diri dan juga lingkungan, pihak sekolah pun berharap agar para siswa dapat beradaptasi dan mengenali lingkungan sekolahnya dengan baik sehingga dapat mengikuti pembelajaran di sekolah secara maksimal.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment