Dispersip Bina Pengelola Perpustakaan Se-Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong, menggelar pembinaan perpustakaan pada 12 September 2022, di Kantor Dispersip Tabalong. Pembinaan ini diikuti 50 peserta, yang terdiri dari perwakilan perpustakaan sekolah, perpustakaan desa, dan juga pengelola perpustakaan Dispersip Tabalong sendiri.

Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan  Dispersip Provinsi Kalimantan Selatan, Wildan Akhyar menjabarkan, pada kesempatan ini para peserta diberikan pengetahuan dan wawasan yang berhubungan dengan ilmu perpustakaan, yang  sesuai dengan standar yang berlaku.

“Ini diberikan pengetahuan, wawasan, dan juga berbagi pengalaman bagaimana mengelola perpustakaan itu supaya bisa lebih maksimal lagi. Tentunya sesuai dengan standar yang ada jadi Alhamdulillah kita punya narasumber 2 orang yang punya kompetensi terhadap perpustakaan ini, jadi mereka nanti akan sharing tentang ilmu pengetahuan terbaru yang update, kemudian pengalaman mereka juga, sehingga itu dibagi kepada pengelola perpustakaan di Kabupaten Tabalong.” Kata Wildan.

Kepala Dispersip Tabalong, Herwandi mengharapkan, melalui pembinaan ini perpustakaan di Kabupaten Tabalong dapat memiliki standar seperti perpustakaan lain pada umumnya. Dengan pembinaan yang baik, perpustakaan yang berada di desa maupun sekolah juga diharapkan mampu meraih akreditasi a, seperti yang telah diraih perpustakaan di Dispersip Tabalong.

“Bahwa ujungnya adalah nanti perpustakaan ini memiliki standar, jadi pada proses pembinaan ini itu sebagai jalan untuk menuju kesana, sebagaimana telah disampaikan tadi Alhamdulillah Dispersip Tabalong sudah mendapatkan akreditasi a dan ini yang akan kita tularkan. Jadi proses pembinaan ini muaranya untuk kesana tadi,” tutur Herwandi.

Selain itu Herwandi juga mengimbau kepada seluruh peserta yang hadir, untuk dapat memanfaatkan kegiatan pembinaan ini secara maksimal. Sehingga ilmu yang diperoleh, dapat diadaptasi dan diterapkan di perpustakaan nya masing-masing.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment