Home Tabalong Hari Ini 2.500 Bibit Durian Lokal Kalimantan Disebar di 2 Kecamatan

2.500 Bibit Durian Lokal Kalimantan Disebar di 2 Kecamatan

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam rangka mengembangkan kawasan buah di Kabupaten Tabalong, Pemerintah Kabupaten Tabalong memberikan bantuan ribuan bibit pohon durian ke sejumlah wilayah.

Pemerintah Daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Tabalong menyediakan sebanyak 2.500 bibit pohon durian yang bersumber dari dana APBD Provinsi Kalsel dan APBD Kabupaten Tabalong tahun 2023.

Sebanyak 1.500 bibit durian yang bersumber dari provinsi akan dibagikan pada awal bulan September 2023 kepada 3 kelompok tani yang ada di Kecamatan Jaro, yaitu Kelompok Tani Sinar Mulia, Kelompok Tani Bangkirai, dan Kelompok Tani Tawakal.

Sedangkan 1.000 bibit durian yang bersumber dari Pemkab Tabalong telah diserahkan oleh DKPPTPH kepada kelompok tani Mufakat Desa Usih, Kecamatan Bintang Ara, pada bulan Juli lalu.

Adapun bibit durian yang disediakan adalah durian lokal Kalimantan jenis Si Dodol, Si Jepang, dan Lekol.

Saat ditemui di kantor DKPPTPH Tabalong di Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Pengawas Mutu Hasil Pertanian DKPPTPH Tabalong, Endang Sosilowati Dwi Hartati, mengatakan guna memastikan bantuan yang diberikan berhasil, pihaknya akan rutin melakukan monitoring ke kelompok tani penerima.

“Jadi kami, setelah mendroping, kami tidak tinggal diam. Kami akan memonitor setiap bulannya untuk melihat perkembangan. Selain itu, kami ingin melindungi bagaimana supaya tanaman ini benar-benar ditanam, terpelihara, dan mudah-mudahan sampai panen,” kata Endang Sosilowati Dwi Hartati, Pengawas Mutu Hasil Pertanian DKPPTPH Tabalong.

Baca Juga  Hindari Ledakan Jumlah Penduduk, DP3AP2KB Tabalong Terus Gencarkan Penggunaan MKJP

Endang menambahkan, selain untuk mendukung pengembangan kawasan buah, bantuan puluhan ribuan bibit durian ini juga diharapkan mampu meningkatkan pendapatan para petani.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment