Home Tabalong Hari Ini PJ Sekda Harap 10 Desa Agrowisata Hortikultur Jadi Penyanga Kebutuhan IKN

PJ Sekda Harap 10 Desa Agrowisata Hortikultur Jadi Penyanga Kebutuhan IKN

by Muhammad Rais
0 comment

PJ Sekda Tabalong, Muhammad Fitri Hernadi, berharap 10 desa akan menjadi kawasan perdesaan agrowisata hortikultura dapat menjadi prioritas nasional. Pasalnya, sepuluh desa tersebut dinilai sangat potensial dan dekat dengan ibu kota Nusantara.

Harapan tersebut disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong, Muhammad Fitri Hernandi, seusai rapat persiapan audiensi kawasan perdesaan agrowisata hortikultura Tabalong pada Selasa, 16 April 2024, di ruang rapat Kepala Bappedalitbang Tabalong.

Hernadi mengaku optimis 10 desa di wilayah utara yang diinisiasi Pemkab Tabalong sebagai kawasan perdesaan agrowisata hortikultura dapat terwujud. Pasalnya, menurutnya, posisi Tabalong sebagai serambi depan Kalimantan Selatan, penyangga ibu kota Nusantara, menjadi sebuah keunggulan.

Untuk itu, ia berharap adanya kolaborasi dan sinergi dari berbagai pihak sehingga pengembangan kawasan ini dapat diwujudkan dan ditargetkan masuk prioritas nasional di tahun 2025 mendatang.

“Ya, insyallah begini, kita optimis karena apa, karena salah satu keunggulan kita adalah Kabupaten Tabalong itu adalah wilayah pedesaan terdekat ke ibu kota Nusantara, jadi produksi-produksi dari Kabupaten Tabalong terutama hortikultura itu akan menjadi penyuplai wilayah Nusantara nantinya apabila nanti memang didukung oleh pemerintah pusat menjadi prioritas nasional, kawasan perdesaan prioritas nasional KPPN,” ujar Muhammad Fitri Hernandi, PJ Sekda Tabalong.

Baca Juga  Pemkab Tabalong Usulkan 900 Formasi Pengadaan ASN Tahun 2024, P3K Jadi Prioritas

Diketahui, 10 desa di wilayah utara Tabalong akan diusulkan sebagai kawasan perdesaan agrowisata hortikultura ke pemerintah pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Adapun kesepuluh desa tersebut adalah Desa Kembang Kuning, Lok Batu, Catur Karya, Seradang, Wirang, Bongkang, Nawin, dan Desa Hayup di Kecamatan Haruai, serta Desa Masingai 1 dan 2 di Kecamatan Upau.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment