Home Tabalong Hari Ini Logistik Pemilu untuk Desa Terpencil Mulai Didistribusikan

Logistik Pemilu untuk Desa Terpencil Mulai Didistribusikan

by Muhammad Rais
0 comment

KPU Tabalong mulai mendistribusikan logistik pemilu tahun 2024 ke seluruh kecamatan se-Kabupaten Tabalong. Pendistribusian awal dilakukan ke dua kecamatan wilayah utara karena terdapat lima desa terpencil yang sulit dijangkau.

Bupati Tabalong, Anang Syahfiani, melepas secara resmi distribusi logistik pemilu tahun 2024 pada Rabu, 7 Februari 2024, di Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Pendistribusian dilakukan secara bertahap hingga tanggal 11 Februari 2024, diawali untuk wilayah Kecamatan Muara Uya dan Bintang Ara.

Bupati Anang menilai pendistribusian logistik pemilu lebih awal ke dua kecamatan tersebut sangat tepat karena terdapat lima desa terpencil yang sulit dijangkau, yaitu Desa Salikung dan Sungai Kumap di Kecamatan Muara Uya, serta Desa Panaan, Dambung Raya, dan Hegarmanah di Kecamatan Bintang Ara.

Bupati Anang berpesan agar seluruh petugas pemilu meminimalisir kendala di lapangan, baik selama pendistribusian logistik hingga kelengkapan surat suara, mengingat kondisi curah hujan tinggi. Dia juga menginstruksikan kepada camat dan kepala desa untuk membantu serta memastikan logistik sampai dengan aman ke TPS.

“Meminimalkan ada masalah-masalah yang timbul berkaitan dengan logistik itu sehingga tingkat kepercayaan masyarakat itu semakin tinggi, tidak saja kepada penyelenggara tetapi kepada kami yang terus mendukung kerja dari KPU,” ujar Anang Syahfiani, Bupati Tabalong.

Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah, menyebutkan tahap awal ini KPU mendistribusikan logistik berupa 340 kotak suara beserta isi dan dokumen kelengkapannya untuk 85 TPS di Kecamatan Muara Uya. Setiap kotak suara berisikan surat suara, dokumen C-salinan, C-hasil, dan alat bantu braile. Sedangkan dokumen kelengkapan lain yang berada di luar kotak suara terdiri dari dokumen DPT, DCT, dan C-pemberitahuan.

Baca Juga  Prevalensi Turun Drastis, Wabup Mawardi: Hasil Kerja Bersama

Kotak suara yang didistribusikan untuk empat jenis suara, yaitu DPR-RI, DPD-RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

“Untuk kotak suara presiden dan wakil presiden ini jumlah item dokumen barang yang dibuat dalam kotak itu lumayan cukup banyak, sehingga memang harus memerlukan ketelitian. Sehingga nanti insyaallah besok sudah selesai,” ujar Ardiansyah, Ketua KPU Tabalong.

Selain pendistribusian kotak suara ke Kecamatan Muara Uya, KPU Tabalong juga mendistribusikan 185 kotak seluruh jenis suara untuk 37 TPS di Kecamatan Bintang Ara.

KPU Tabalong menargetkan pendistribusian logistik pemilu tahun 2024 ke lima desa terpencil di Kecamatan Muara Uya dan Bintang Ara dimulai tanggal 11 Februari, atau H-3 pencoblosan. Sedangkan ke desa yang lain dapat dilakukan H-1.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment