Home Editor's Picks Siaga Karhutla, KPH Tabalong Siapkan Posko

Siaga Karhutla, KPH Tabalong Siapkan Posko

by tabalong hari ini
0 comment

Memasuki musim kemarau tahun 2023 dan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Tabalong mulai bersiaga. Kesiagaan dilakukan dengan membuka posko siaga bencana Karhutla.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), diperkirakan awal musim kemarau tahun 2023 terjadi mulai bulan April hingga Juni, dengan puncak kemarau terjadi di bulan Juli dan Agustus.

Untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di periode tersebut, saat ini KPH Tabalong telah membuka posko siaga Karhutla di kantor KPH Tabalong Mabuun. Selain itu, sebagai langkah antisipasi Karhutla, KPH Tabalong juga gencar melakukan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat di wilayah kerjanya.

Kepala Seksi Perlindungan Hutan KPH Tabalong, Aris Setiawan, saat ditemui di ruangannya pada Selasa, 9 Mei 2023, mengungkapkan bahwa hingga awal Mei, pihaknya belum menemukan titik hotspot di wilayah Kabupaten Tabalong. Namun, diprediksi titik hotspot akan ditemukan saat puncak musim kemarau mendatang.

“Menurut BMKG, panas di tahun ini akan lebih panas 4 kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya, karena kita memasuki siklus 4 tahunan. Jadi, menurut prediksi itu, kita panasnya mirip dengan tahun 2019,” ujar Aris Setiawan.

Aris Setiawan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Pasalnya, pelaku pembakar hutan dan lahan dapat dipidana sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu maksimal 12 tahun penjara dan denda 50 juta hingga 10 miliar rupiah.

Baca Juga  SEKDA Minta Masyarakat Dilibatkan dalam Forum Konsultasi Publik Pelayanan

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment