Home Tabalong Hari Ini Perkuat Pengelolaan Hasil Pertanian, DKPPTPH Kunjungi DISTANKP Batu

Perkuat Pengelolaan Hasil Pertanian, DKPPTPH Kunjungi DISTANKP Batu

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tabalong melakukan Kaji Tiru Mengenai Pengelolaan Kelembagaan Petani dan Pengolahan Hasil Pertanian ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu Malang Jawa Timur.

Kegiatan Kaji Tiru yang dilakukan DKPPTPH Tabalong ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu Malang Jawa Timur ini dipimpin langsung oleh Sekretaris DKPPTPH Tabalong, dan diikuti para Koordinator BPP se Kabupaten Tabalong, Penyuluh Pertanian Lapangan, perwakilan petani dari masing-masing BPP di Tabalong, serta jajaran DKPPTPH Tabalong, yang dilakukan pada tanggal 7 sampai 11 Desember 2023.

Pada kegiatan ini menghadirkan beberapa orang narasumber dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, seperti Ketua Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya atau P4S Bumiaji Sejahtera, Gapoktan Usaha Mitra Arjuno Flora, dan Gapoktan Mitra Arjuno Desa Tulungrejo Kota Batu, yang mana Gapoktan tersebut bergerak di industri hulu dan hilir untuk tanaman hortikultura dan sudah melakukan proses ekspor dan import hingga ke negeri Jepang.

Sekretaris DKPPTPH Tabalong, Suparman, mengatakan bahwa dalam kaji tiru ini pihaknya ingin mendalami mengenai pengelolaan kelembagaan petani maupun pengolahan hasil pertanian, salah satunya seperti P4S yang dimiliki Desa Bumiaji Kota Batu, sehingga bisa diterapkan di Kabupaten Tabalong.

You Might Be Interested In
Baca Juga  KPH Tabalong Sediakan Bibit Buah dan Pohon Gratis untuk Masyarakat

“Mencoba mengkaji, belajar, dan mendalami P4S yang telah berada di Desa Bumiaji ini karena kita tahu bahwa P4S yang ada di Bumiaji mempunyai kegiatan yang cukup banyak jadi kami akan mencoba belajar kesana mencari atau kita ingin mengetahui bagaimana proses yang dilakukan di P4S Bumiaji untuk kita adopsi dan organisasikan di Kabupaten Tabalong.” ujar Suparman, Sekretaris DKPPTPH Tabalong.

Kaji Tiru ini pun disambut positif oleh Ketua P4S Bumiaji Sejahtera Desa Bumiaji Kota Batu Malang Jawa Timur, Rakhmad Hardiyanto. Rakhmad mengatakan bahwa sejak berdiri pada tahun 2019, pihaknya berkomitmen untuk memberdayakan petani lokal dalam peningkatan sumber daya manusia, terutama para petani milenial.

“Pola kami dengan tim milenial jadi managemen kami kita setting P4S kita dengan pola managemen yang professional, benar kami memang keswadayaan karena itu visi dan harapan P4S didirikan tetapi dalam konteks aktualisasi kita harus melaksanakan P4S ini dengan professional.” ujar Rakhmad Hardiyanto, Ketua P4S Bumiaji Sejahtera, Kota Batu Malang.

Menindaklanjuti kaji tiru ini, DKPPTPH Tabalong akan mensinkronisasi, koordinasi, dan mengkolaborasikan dengan semua pemangku kebijakan di Kabupaten Tabalong sehingga potensi-potensi yang ada di Kabupaten Tabalong dapat ditingkatkan, khususnya produk pertanian agar dapat peningkatan nilai jual guna sejahterakan para petani di Kabupaten Tabalong.

You Might Be Interested In
Baca Juga  Logistik Pemilu untuk Desa Terpencil Mulai Didistribusikan

(Dari DKPPTPH Kabupaten Tabalong melaporkan untuk TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment