Home Editor's Picks Dukung Ketahanan Pangan IKN, Kampung Hortikultura Tabalong Ditambah

Dukung Ketahanan Pangan IKN, Kampung Hortikultura Tabalong Ditambah

by tabalong hari ini
0 comment

Tahun 2023, kawasan Kampung Hortikultura di Kabupaten Tabalong akan bertambah. Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Tabalong akan memberikan berbagai bantuan bagi para kelompok tani di kawasan tersebut untuk pengembangan kawasan Kampung Hortikultura.

Adanya pengembangan kawasan Kampung Hortikultura di Kabupaten Tabalong disosialisasikan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Tabalong kepada para kepala desa yang masuk sebagai Kampung Hortikultura pada Rabu, 5 April 2023 di Balai Penyuluhan Pertanian Kembang Kuning.

Adapun desa yang menjadi kawasan pengembangan Kampung Hortikultura tahun 2023 yaitu Desa Hayup, Desa Wirang, Desa Bongkang, Desa Saradang, dan Desa Nawin Kecamatan Haruai.

Sekretaris DKPPTPH Kabupaten Tabalong, Suparman menuturkan, dengan adanya pengembangan kawasan Kampung Hortikultura maka pihaknya akan memberikan berbagai bantuan seperti bibit tanaman hortikultura, pupuk, alsintan, dan peralatan lainnya. Namun bantuan tersebut sampai saat ini belum bisa disalurkan karena DKPPTPH Tabalong masih menunggu pendataan CPCL dari penyuluh pertanian.

“Kita memberi dukungan berupa bibit tanaman hortikultura kemudian pupuk organic serta pembinaan pendampingan sampai pelaksanaan kampung horti dapat berhasil. Kita masih menunggu CPCL dari para penyuluh. Nanti kalau CPCL sudah masuk ke kita, sesegeranya akan kita distribusikan dan itu akan kita laksanakan, mudah-mudahan paling lambat di pertengahan tahun.” ujar Suparman, Sekretaris DKPPTPH Tabalong.

Baca Juga  Desa Manduin Pelaksana PK2D Terbaik Tingkat Kabupaten Tabalong

Suparman berharap dengan adanya keberadaan Kampung Hortikultura di Kabupaten Tabalong dapat memperkuat ketahanan pangan dan Tabalong dapat menjadi penyokong Pangan IKN dan mendukung Desa Saradang sebagai kawasan industri.

Selain itu suparman menambahkan dengan adanya kampung hortikultura diharapkan dapat mendukung keberadaan pasar agribisnis yang ada di desa kembang kuning, dengan menjual produk pertanian yang dihasilkan para petani ke pasar agribisnis, agar pasar agribisnis dapat berjalan.

Sebelumnya, ditahun 2022 lalu Pemkab Tabalong juga telah menetapkan 5 desa di dua kecamatan menjadi kampung hortikultura. Yakni Desa Masingai 1 dan Masingai 2 Kecamatan Upau, Desa Kembang Kuning, Desa Catur Karya dan Desa Lok Batu Kecamatan Haruai.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment