Home Tabalong Hari Ini Panen Padi IP 200 Varietas Mekongga di Desa Lokbatu Tembus 5,7 Ton Per-Hektar

Panen Padi IP 200 Varietas Mekongga di Desa Lokbatu Tembus 5,7 Ton Per-Hektar

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong kembali melaksanakan syukuran panen padi di Desa Lokbatu, Kecamatan Haruai, pada Rabu, 4 Oktober 2023.

Panen padi dilakukan oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, didampingi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Tabalong, Fahrul Raji, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Haruai, dan Kepala Desa Lokbatu.

Panen padi IP 200 varietas Mekongga dilakukan di lahan seluas 25 hektar milik petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Padaringan Tiga. Dari panen ini diketahui, produktivitas padi mencapai 5,7 ton per hektar.

Dalam sambutannya, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, mengapresiasi kerja keras Kelompok Tani Padaringan Tiga yang telah berhasil memanen padi di tengah musim kemarau saat ini.

Selain itu, Bupati Anang turut meminta penyuluh pertanian di Desa Lokbatu untuk lebih sering turun ke lapangan guna memantau perkembangan petani. Pasalnya, ia menilai Kelompok Tani Padaringan Tiga masih memiliki peluang untuk menghasilkan panen yang lebih tinggi.

“Oleh sebab itu, kami melihat masih ada peluang untuk meningkatkan produktivitas padi per hektar. Kami yakin masih bisa ditingkatkan, oleh sebab itu rajin-rajin turun ke lapangan, ya para penyuluh,” kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Tabalong, Fahrul Raji, mengaku siap melaksanakan instruksi tersebut. Dirinya mengatakan bahwa sebelumnya telah melakukan koordinasi secara intens dengan unsur-unsur terkait dalam hal peningkatan hasil panen.

Baca Juga  Lomba Posyandu Jadi Ajang Peningkatan Kualitas Pelayanan

“Ya, tentunya kami terus bekerjasama berkoordinasi dengan kawan-kawan yang dilapangan, khususnya kawan-kawan penyuluh, termasuk juga PPS, termasuk juga kepala desa, termasuk juga pelaku petani, bagaimana kita bekerjasama secara ikhlas secara hati bagaimana kita menjaga pangan ini,” ujar Fahrul Raji, Kepala DKPPTPH Tabalong.

Sebelum melaksanakan panen padi, dalam rangka Gerakan Nasional Antisipasi Dampak El Nino, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, bersama jajaran juga melaksanakan penanaman padi jenis Siam Madu di Desa Lokbatu, Kecamatan Haruai, atau tidak jauh dari lokasi panen padi.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment