Home Tabalong Hari Ini Tingkatkan SDM Petani, Pemdes Tantaringin Bakal Gelar Sekolah Lapang Pertanian

Tingkatkan SDM Petani, Pemdes Tantaringin Bakal Gelar Sekolah Lapang Pertanian

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Desa Tantaringin, Kecamatan Muara Harus, harus mendukung kelompok tani setempat untuk menerapkan sistem tanam padi jajar legowo. Pasalnya, sistem ini diharapkan dapat meningkatkan produksi padi di Desa Tantaringin.

Dukungan tersebut disampaikan Kepala Desa Tantaringin, Dadang, saat diwawancara di ruangannya pada Jumat, 2 Februari 2024, di Kantor Kepala Desa Tantaringin, Kecamatan Muara Harus.

Dadang menjelaskan bahwa untuk mendukung para petani dalam menerapkan sistem tanam padi jajar legowo atau tanam 2:1, Pemdes Tantaringin akan menganggarkan dana desa untuk meningkatkan SDM petani melalui program Sekolah Lapang Pertanian.

Dalam Sekolah Lapang ini, menurut Dadang, para petani akan diberi pembekalan baik teori maupun praktik terkait inovasi di bidang pertanian, termasuk sistem tanam jajar legowo.

“Untuk desa kami tentang pertanian termasuk unggulan, jadi kami coba inovasi baru mengingat lahan yang tersedia sudah terbatas dan keinginan masyarakat untuk bertani agak berturun sehingga kami mencobakan untuk menerapkan hal tersebut. Jadi kami menyiasati dengan menganggarkan dari dana desa tentang sekolah lapang, sekolah lapang tersebut terdiri dari teori dan praktek di lapangan tentang inovasi jajar legowo,” ungkap Dadang, Kepala Desa Tantaringin.

Dadang menambahkan bahwa pertanian di Desa Tantaringin menjadi salah satu unggulan di Kabupaten Tabalong, dengan luas lahan basah mencapai 65 hektar yang tersebar di beberapa tempat seperti Baruh Cempakau, Sungai Buluh, maupun Tagaluluh.

Baca Juga  Ketua DPRD Tabalong Apresiasi Progres Paskibra Tabalong

Saat ini, sistem tanam jajar legowo baru diterapkan di lahan seluas 10 borongan milik Kelompok Tani Sinar Pagi Dua.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment