Kenali Gejala Cacar Monyet

TVTABALONG.COM – Monkey pox atau cacar monyet berbeda dengan cacar pada umumnya. Wabah penyakit yang berasal dari Afrika ini, bermula ditularkan dari kontak hewan ke manusia.

Hewan dimaksud merupakan hewan primata seperti monyet dan sejenisnya. Selain itu, hewan pengerat seperti tikus dan tupai, juga menjadi hewan penular penyakit ini. Penularan juga dapat terjadi dari manusia ke manusia melalui percikan ludah, batuk, bersin, atau nafas, serta darah.

Baca Juga :

Gejala penularan cacar monyet hampir mirip dengan cacar biasa, tetapi dalam intensitas yang lebih kuat. Tanda-tanda terinfeksi cacar monyet, berawal dari demam, sakit kepala, dan nyeri punggung.

Penderita juga akan mengalami nyeri otot dan lemas, serta diikuti dengan ruam mulai dari bintik merah, yang kemudian melepuh dan bernanah, selalu mengeras.

“Adapun gejala-gejala dari monkey pox ini kan biasabnya hampir mirip dengan cacar biasa yang dimulai dengan ruam berair di daerah muka & punggung” jelas dr. Taufiq

“Ini gejalanya lebih parah dari cacar air, penderita biasanya dengan kjeluhan awal demam, sakit kepala kemudian pembesaran limpa, disertai rasa lelah yang berlebihan”

Taufiq meminta masyarakat segera memeriksakan diri, jika terdapat tanda-tanda tersebut. Ia juga meminta agar menghindari kontak langsung dengan hewan pengerat maupun primata dalam jangka waktu panjang

Reporter : Purnamasari | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: