Peningkatan Jalan Provinsi Tanjung – Muara Uya Terus Dikebut

by tabalong hari ini
0 comment

Per tanggal 18 Agustus 2022, progress peningkatan jalan provinsi di ruas Tanjung – Muara Uya mencapai 50,3%. Ruas jalan ini ditingkatkan menggunakan APBD Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2022.

Saat ini peningkatan jalan dilakukan dari Desa Pasar Batu hingga Palapi, Kecamatan Muara Uya. Ruas jalan ini ditingkatkan dengan pengaspalan sepanjang 1,9 kilometer, dan dilebarkan 1 meter dengan cor beton pada kiri-kanan jalan.

Diwaktu yang bersamaan, PT Tabalong Jaya Marga Bersama selaku kontraktor juga memulai peningkatan jalan dari Simpang Tiga Desa Palapi ke Simpung Layung, Kecamatan Muara Uya. Koordinator lapangan, Muhammad Aminullah menjelaskan, peningkatan jalan sepanjang 1,7 kilometer dan lebar 6 meter dengan metode cement treated base, menggunakan alat berat reclaimer machine model 500-b, dan dilanjutkan dengan pengaspalan. Muhammad Aminullah menargetkan, peningkatan ruas jalan ini selesai dalam waktu 2 bulan.

“Ini setelah kita RM ini, campuran semen dengan LPA menggunakan alat RM ini nanti setelah itu kita lanjutkan dengan pengaspalan, maksimal itu harinya ada sekitar 7 hari harus diaspal dengan metode aspal yang sama dengan Pasar Batu, yaitu aspal HRS Base dengan tebal 5 centi,” terangnya.

Kedua sisi jalan akan dilengkapi drainase dengan lebar 1 meter, dan dikunci menggunakan beton fc-15 setebal 30 centimeter. Hal ini untuk memperlancar aliran air saat hujan, pasalnya kerusakan jalan diduga karena genangan air banjir pada badan jalan.

Peningkatan ruas jalan Simpang Tiga Palapi hingga Simpung Layung, menggunakan alat berat RM-500b. Cara kerja alat ini mengupas material jalan rusak, lalu mencampurnya dengan material lapis agregat kelas A dan semen, dan meratakannya kembali ke badan jalan.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment