Kebutuhan BBM Alsintan Kelompok Tani Capai 57.000 Kilo Liter Pertahun

by tabalong hari ini
0 comment

Sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam rangka penyaluran bahan bakar bersubsidi untuk kelompok tani di Tabalong. Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura, melakukan pemetaan kebutuhan akan BBM untuk Alsintan para petani.

Dinas ketahanan pangan, pertanian, tanaman pangan dan Hortikultura Kabupaten Tabalong melakukan pemetaan lahan pertanian masyarakat yang menjadi sasaran penyaluran BBM bersubsidi jenis bio solar.

Dalam pemetaan tersebut, DKP2TPH Tabalong mencatat kebutuhan akan bbm jenis solar untuk petani di Tabalong mencapai 57 ribu kilo liter Per tahun atau kurang lebih 5 ribu kilo liter Per bulan .

Kebutuhan tersebut pun telah disampaikan DKP2TPH Tabalong dalam pertemuan Komisi 2 DPRD Tabalong , bersama sejumlah pihak terkait mulai dari satgas pemerintah , pihak SPBU dan aparat penegak hukum , Rabu 4 Januari 2023 .

Dalam pertemuan tersebut para pihak menyepakati penyaluran bbm bersubsidi disalurkan sesuai dengan aturan yang dikeluarkan pemerintah melalui surat rekomendasi.

Menyikapi hal tersebut, Kepala DKP2TPH Tabalong , Mohammad Mugeni berharap penyaluran BBM jenis bio solar bersubsidi dapat terealisasi tepat sasaran , pasalnya BBM bio solar sendiri telah dinanti para petani di Tabalong .

“Ya memang karena adanya regulasi dari pemerintah terhadap Pertamina dalam penyaluran BBM bersubsidi, memang pemerintah juga khawatir terlalu bebas aturannya khawatir disalahgunakan, mestinya harus petani, karena bebas lalu ada orang-orang lain yang mempergunakan, sehingga ada regulasi aturan itu, itulah yang membuat kita pemerintah juga agak terlambat karena harus melalui tahapan-tahapan untuk bisa kita membawa para petani dan kelompok tani bisa hadir ke SPBU tersebut” katanya.

Mugeni berharap para pengelola SPBU terus berkomitmen agar para petani di Tabalong dengan mudah mendapatkan BBM jenis bio solar, sesuai aturan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah provinsi maupun kabupaten.

Seperti diketahui, terdapat 4 SPBU yang sudah ditetapkan pemerintah untuk menyalurkan bio solar untuk petani Tabalong, yaitu SPBU Kasiau dan SPBU Maburai Kecamatan Murung Pudak, SPBU Mantuil Kecamatan Muara Harus, dan SPBU Simpung Layung Kecamatan Muara Uya.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment