Home Editor's Picks Harga Ayam Ras Naik Rp2.000,- per Kilo Disisi Peternak

Harga Ayam Ras Naik Rp2.000,- per Kilo Disisi Peternak

by tabalong hari ini
0 comment

Sehari sebelum Ramadan 1444 Hijriyah. Harga ayam ras naik di tingkat peternak di Tabalong. Naiknya harga ayam disebabkan masa panen ayam yang masih belum serentak.

Naiknya harga ayam ras, diakui salah satu peternak ayam ras, Asmari, asal Desa Usih Kecamatan Bintang Ara yang ditemui usai memanen ternaknya pada Rabu, 22 Maret 2023. Panen sendiri dilakukan Asmari di 2 kandang miliknya dengan jumlah populasi 5000 ekor tiap kandang yang berlokasi di Desa Argomulyo Kecamatan Bintang Ara.

Asmari menjelaskan, dimasa panen kali ini, harga ayam ras dihargai 22 ribu rupiah per kilogramnya atau naik 2 ribu rupiah dibanding harga sebelumnya. Menurutnya, naiknya harga ayam ras ini diduga disebabkan kurangnya populasi ayam ras dimasa panen ini, mengingat dari segi harga pakan tidak mengalami kenaikan.

“Ini kan kalo untuk kenaikannya itu tergantung populasi panennya, misalnya perusahaan kan banyak, misalnya dia panen serentak, pas tepeimbai murah. (Berarti ini bisa dianggap populasi lagi rendah lah?) Eeeh,” ujar Asmari, peternak ayam potong.

Berdasarkan informasi dari berbagai media nasional, naiknya harga ayam ras juga disebabkan lantaran berkurangnya populasi yang disebabkan merebaknya flu burung di sejumlah daerah. Beruntungnya, dampak wabah flu burung tersebut tidak sampai di Kabupaten Tabalong, termasuk Kecamatan Bintang Ara.

Baca Juga  Pengetahuan Manasik Haji Penting Diberikan Untuk Anak

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment