Home Hewan Tips Memilih Hewan Kurban

Tips Memilih Hewan Kurban

by tabalong hari ini
0 comment

Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban, penting diketahui masyarakat bagaimana tips memilih hewan kurban yang sehat dan sesuai syariat. Lantas, seperti apa tipsnya? Berikut informasinya untuk Anda.

Salah satu faktor penting dalam Hari Raya Idul Adha adalah dengan memberikan hewan kurban yang terbaik.

Beberapa hewan yang biasa dijadikan kurban seperti sapi, kambing, kerbau, dan domba haruslah dalam kondisi sehat.

Dijelaskan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet Disbunnak Tabalong, Dokter Hewan Suwandi, terdapat sejumlah tips yang perlu diperhatikan saat memilih hewan kurban.

Yang pertama, para calon pembeli harus memastikan tempat penjualan ternak kurban apakah sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh otoritas setempat.

Yang kedua, calon pembeli juga dapat melihat kondisi kesehatan fisik hewan ternak mulai dari nafsu makannya, kondisi fisik yang lengkap tanpa cacat, kondisi mata yang bening, hingga kondisi hidung yang sehat.

“Bagaimana menandakan hewan yang sehat? Bisa kita lihat secara sekilas ya. Apabila kita kasih makan, dia mau makan itu berarti dia sehat. Yang kedua, matanya itu berbinar ya, tidak ada kotoran di mata ya, itu adalah salah satu pertanda hewan itu sehat. Yang ketiga, lihat cermin hidungnya, itu cermin hidungnya harus basah tidak kering. Kalau basah itu artinya dia normal, kalau kering dia lagi demam, nah itu warning jangan dibeli. Yang keempat, harus gemuk serta utuh. Artinya tidak ada organ atau alat gerak yang cacat atau hilang gitu,” ujar drh. Suwandi, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet Disbunnak Tabalong.

Baca Juga  Warga Hikun Gelar Isra Mi’raj & Haul Ke-18 Guru Sekumpul

Selain itu, pembeli juga harus memastikan bahwa hewan ternak yang akan dikurbankan sudah cukup umur, yaitu minimal 1 tahun untuk hewan ternak kambing dan minimal 2 tahun untuk hewan ternak sapi. Ini dapat ditandai dari gigi ternak yang sudah bolong atau telah berganti gigi serta tumbuhnya sepasang gigi tetap.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment