Home Editor's Picks Pemkot Bontang Belajar Soal Angkutan Gratis ke Tabalong

Pemkot Bontang Belajar Soal Angkutan Gratis ke Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Pemerintah Kota Bontang, Kalimantan Timur, kunjungi Kabupaten Tabalong pada Jumat, 23 Juni 2023. Kunjungan dilakukan dalam rangka belajar soal layanan angkutan gratis yang ada di Tabalong.

Kedatangan rombongan Pemkot Bontang yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah Kota Bontang, Aji Erlynawati, didampingi Asisten 2 Setda Kota Bontang dan jajaran Dinas Perhubungan Kota Bontang, disambut langsung Sekretaris Daerah Tabalong, Hamida Munawarah.

Pertemuan ini digelar di aula Tanjung Puri Sekretariat Daerah Pemkab Tabalong.

Kunjungan kerja Pemkot Bontang ke Tabalong digelar dalam rangka studi tiru pelaksanaan angkutan gratis melalui program layanan angkutan masyarakat aman dan gratis atau Langsat Manis yang dijalankan Dinas Perhubungan Tabalong. Sekretaris Daerah Kota Bontang, Aji Erlynawati, mengapresiasi hadirnya Langsat Manis di Tabalong, menurutnya layanan angkutan gratis ini layak diadopsi di Kota Bontang.

“Mungkin dengan adanya transportasi yang memang saat ini kami lihat transportasi khususnya dari angkot-angkot itu ada kurang terlalu diminati, nah ini bagaimana kira-kira kami juga bisa memberdayakan transportasi yang ada di sana dari angkot-angkot yang ada sehingga mereka juga punya peran,” ujar Aji Erlynawati, Sekda Kota Bontang.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong, Hamida Munawarah, menjelaskan bahwa hadirnya angkutan kota gratis ini merupakan sinergi antara pemerintah daerah dengan sejumlah perusahaan yang beroperasi di Tabalong melalui dana CSR.

Baca Juga  Lahir Langsung Dapat Akta, KIA dan KK Terbaru Melalui Inovasi LAPAT KAKA KIA

“Jadi, angkutan gratis ini dari CSR, nah mungkin juga nanti bisa Ibu upayakan dan Kadishub bisa menyampaikan secara detail nanti seperti permohonan untuk mendapatkan dana CSR, kemudian seperti apa teknis pelaksanaan operasional angkutan gratis itu,” ujar Hamida Munawarah, Sekda Kabupaten Tabalong.

Hamida menambahkan bahwa hingga saat ini Kabupaten Tabalong memiliki 51 armada angkutan gratis, yang terdiri dari 44 minibus dan 5 bus ELF yang tersebar di 18 trayek se-Tabalong. Enam trayek berada di wilayah tengah, 6 trayek di wilayah utara, dan 6 trayek di wilayah selatan.

Melalui angkutan yang nyaman dan gratis ini, pemerintah Kabupaten Tabalong berhasil menekan angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas khususnya pelajar dalam kurun waktu 4 tahun terakhir.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment