Home Editor's Picks Dorong Peran Dunia Usaha, Pemkab Optimis KLA Utama Tercapai

Dorong Peran Dunia Usaha, Pemkab Optimis KLA Utama Tercapai

by tabalong hari ini
0 comment

Jelang penilaian kabupaten layak anak Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Tabalong menggelar rapat gugus tugas KLA di Pendopo Bersinar Pembataan, Senin 20 Februari 2023. Rapat digelar untuk menyamakan persepsi guna mencapai target anugerah KLA kategori utama.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh perwakilan SKPD, camat, kepala desa, dan berbagai instansi terkait ini, membahas sejumlah strategi terkait persiapan penilaian KLA Tahun 2023, yang akan dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam waktu dekati.

Yang mana di Tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Tabalong menargetkan predikat KLA tertinggi yaitu KLA utama.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Tabalong Rusmadi, mengungkapkan untuk mewujudkan target tersebut pihaknya akan mendorong peran dan dukungan sektor dunia usaha. Pasalnya dalam penilaian sebelumnya sektor ini masih dinilai kurang dokumentasi dan ekspose ke masyarakat.

“Insya Allah optimis, karena perhatian dunia usaha yang kemarin agak kurang nilainya itu sudah mulai muncul. Karena apa? Karena informasi seperti itu sudah kami sampaikan kepada mereka, dan pada Tahun 2022 tadi mereka akan memperbaikinya dalam hal kita yakin sekali bahwa dunia usaha ini sudah melakukan hal-hal yang sesuai dengan fungsinya yaitu perlindungan terhadap hak anak itu sudah, tapi ekspose ke masyarakat dan sebagainya termasuk terhadap dokumentasi yang ada ini kurang, sehingga tidak dapat mendukung data yang akan kita input ke aplikasi kementerian RI,” kata Rusmadi.

Baca Juga  Kampanye Mandatory Halal, Kemenag Harap UMKM Urus Sertifikat Halal

Penilaian kabupaten layak anak sendiri meliputi 5 klaster penilaian yang meliputi, pemenuhan hak sipil dan kebebasan anak, pemenuhan hak-hak anak atas keluarga, lingkungan dan pengasuhan.  Pemenuhan hak anak atas kesehatan dan kesejahteraan, pemenuhan hak anak atas pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta perlindungan khusus anak.

Penilaian anugerah kabupaten layak anak sendiri saat ini telah memasuki tahap penilaian mandiri yang dilakukan mulai tanggal 4 Februari hingga 23 Maret mendatang.

Sekedar diketahui, Kabupaten Tabalong sendiri telah meraih penghargaan kota layak anak kategori Nindya 2 tahun berturut turut dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Maria Ulfah, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment