Home DPRD Bahas Pertanggungjawaban APBD 2022, Dewan Dorong Peningkatan Kinerja SKPD

Bahas Pertanggungjawaban APBD 2022, Dewan Dorong Peningkatan Kinerja SKPD

by Muhammad Rais
0 comment

Badan Anggaran DPRD Kabupaten Tabalong bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah Tabalong kembali menggelar rapat pembahasan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022. Dalam pembahasan ini, Banggar DPRD menghadirkan 3 SKPD.

Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tabalong, Mustafa, yang didampingi Wakil Ketua 1 DPRD dan Wakil Ketua 2 DPRD Tabalong pada Minggu, 23 Juli 2023, di Ruang Rapat Sekretariat DPRD Tabalong.

Pada rapat ini, dihadirkan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Tabalong bersama 3 SKPD lainnya, seperti Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura; Dinas Olahraga dan Pariwisata; serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong.

Masing-masing SKPD menyampaikan mengenai realisasi pendapatan dan belanja daerah pada APBD tahun anggaran 2022.

Seperti DKPPTPH Tabalong secara umum menyampaikan bahwa realisasi capaian target dan kinerja di tahun anggaran 2022 mencapai 89,12 persen, atau dari target 31 miliar 907 juta, telah terserap 28 miliar 434 juta.

Untuk Disporapar Tabalong, pendapatannya telah terealisasi sebesar 165,44 persen dari target 105 juta rupiah, dan untuk belanja telah terealisasi sebesar 91,76 persen dari anggaran 13 miliar 877 juta.

Sementara itu, untuk pendapatan Dinas PUPR telah terealisasi sebesar 23,96 persen dari target 668 juta 500 ribu rupiah, dan untuk serapan belanja terealisasi sebesar 83,81 persen dari anggaran 294 miliar 989 juta.

Baca Juga  Majelis Dalail Khayrat Gelar Tabaruk Rambut Rasulullah dan Pameran Artefak Atsar Nabawiyyah

Ketua DPRD Tabalong, Mustafa, saat diwawancarai usai rapat, mengatakan bahwa serapan 3 SKPD tersebut masih terbilang rendah. Untuk itu, pada rapat ini pihaknya ingin mengetahui secara mendalam mengenai kendala yang dihadapi, sehingga dari Banggar DPRD dapat memberikan saran dan masukan untuk peningkatan kinerja di tahun 2023 dan 2024 mendatang, dan anggaran yang telah disediakan diharapkan dapat diserap dengan maksimal.

“Kedepannya, teman-teman dari Banggar menyarankan karena Tahun 2022 memang kendala kita kan ada juga ya Covid-19 kemarin jadi itu berdampak juga dengan hal-hal yang teknis harapan kedepannya kita 2023 2024 dengan beberapa saran dari kawan-kawan tim Banggar bahwa terkait perencanaan terkait pendataan, intinya jangan sampai anggaran yang disediakan tidak bisa terealisasi yang akan datang.” – Mustafa, Ketua DPRD Tabalong.

Mustafa menambahkan, setelah rapat pembahasan ini, Banggar bersama TAPD akan melakukan finishing Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022, dan selanjutnya akan di paripurnakan untuk menjadi Perda.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment