Vertical Rescue Tabalong Bersihkan Monumen Tanjung Puri

by tabalong hari ini
0 comment

Sebanyak 5 orang anggota Vertical Rescue Tabalong, menjadi pusat perhatian warga yang melintas di Monumen Tanjung Puri pada 26 November 2022. Para anggota VRT ini membersihkan Tugu Obor dengan cara rappeling, atau turun secara vertical menggunakan tali panjat tebing, lengkap beserta pengamannya.

Terpantau anggota VRT membersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh di dinding monumen, dan memembersihkan dindingnya dari lumut maupun kotoran dengan cairan pembersih. Sedangkan DLH Tabalong menurunkan mobil crane, untuk membantu anggota VRT menaiki tugu obor bagian bawah.

Anggota Vertical Rescue Tabalong, Yanuar Iqbal mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan DLH Tabalong dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Tabalong ke-57 Tahun 2022. Ia menuturkan, total 10 anggota diturunkan membersihkan Tugu Obor. Pembersihan dilakukan sejak pukul 9 hingga pukul 12.

“Harapan kita kedepannya kita bekerjasama baik lagi dengan dinas-dinas yang terkait, terkait dengan ketinggian seperti itu, pembersihan yang ada di ketinggian. Karena Vertical Rescue Tabalong itu spesifik pekerjaan di bidang ketinggian ataupun rescue di bidang ketinggian vertical. Ya kita selalu siap dan itu sudah ketiga kalinya kita membersihkan obor,” ungkapnya.

PLT Kepala Bidang Tata Lingkungan DLH Tabalong, Adi Rizani Rahman menyampaikan, selain membersihkan bundaran Tugu Obor Mabuun, pihaknya juga menurunkan beberapa tim untuk melakukan pembersihan median jalan, dan penataan tanaman liar dari Tugu Obor hingga batas kota di Maburai.

“Untuk dari DLH kami ada bidang tata lingkungan menurunkan dari beberapa tim, tim penebangan menggunakan alat crane, kemudian tim median, seputaran untuk kebersihan median dan Tugu Obor, kemudian tim penebasan yang bekerja dari posisi perbatasan kota di Maburai,” katanya.

Pada kesempatan ini, Adi Rizani Rahman turut mengapresiasi, VRT yang membantu DLH Tabalong membersihkan Tugu Obor, atau Monumen Tanjung Puri. Ia pun berharap, kerjasama ini berlanjut pada monumen-monumen lainnya.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment