Kwarcab Pramuka Tabalong Bakal Fokuskan Kegiatan Di Daerah Terpencil

by tabalong hari ini
0 comment

Untuk pertama kalinya, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tabalong, bakal menggelar kursus mahir tingkat dasar di daerah terpencil. Kwarcab Tabalong bakal memfokuskan kegiatan KMD di Desa Hegarmanah, Kecamatan Bintang Ara.

Kegiatan KMD rencananya akan digelar pada bulan Desember, dengan melihat situasi dan kondisi dilapangan.  Kegiatan KMD ini digelar karena para anggota pramuka di daerah terpencil mengeluhkan kekurangan pembina untuk membina pramuka di daerah terpencil.

Seperti diketahui syarat untuk menjadi pembina pramuka, minimal sudah menjadi lulusan KMD. Sehingga dengan adanya KMD di daerah terpencil, dapat memaksimalkan pemerataan pembina pramuka di Tabalong.

“Kebetulan warga di daerah terpencil ini mengharapkan ada pelatihan disana, sehingga dengan persetujuan Ka Kwarcab kemarin kita konsultasi dan ketua harian juga menyetujui bahwa kegiatan pramuka untuk KMD ini bisa kita laksanakan didaerah terpencil, dalam rangka memotivasi teman teman pembina disana, supaya bisa membina adik adik pramuka, sehingga walaupun kondisi di daerah terpencil artinya pramuka tidak akan ketinggian dengan anak anak yang ada diperkotaan,” ujar Mudiyono, Wakil Ketua Bid. Binawasa Kwarcab Tabalong.

Rencananya pihak pusdiklatcab bakal menggunakan lokasi dam hegarmanah dengan menggunakan tenda jika situasi dan kondisi mendukung. Namun jika tidak memungkinkan, pihak kwarcab tabalong sudah menyiapkan tempat di smpn 4 haruai sebagai lokasi pelaksanaan kmd di desa terpencil.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment