Home Editor's Picks Raih Nilai 95, Desa Murung Karangan Juara 1 Lomba Desa se-Kalsel

Raih Nilai 95, Desa Murung Karangan Juara 1 Lomba Desa se-Kalsel

by tabalong hari ini
0 comment

Lomba Desa tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023 resmi berakhir. Desa Murung Karangan, Kecamatan Muara Harus, Kabupaten Tabalong, berhasil meraih juara pertama.

Kepastian Desa Murung Karangan, Kecamatan Muara Harus, yang meraih juara pertama Lomba Desa ditetapkan melalui Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 188 Titik 44 Garing 0620 Garing Kum Garing 2023 tentang Penetapan Pemenang Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023.

Dalam Surat Keputusan tersebut diketahui bahwa Desa Murung Karangan berhasil meraih nilai 95, diikuti oleh Desa Purwodadi, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, sebagai juara kedua dengan nilai 93, serta Desa Gambah Luar, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, berada pada posisi ketiga dengan nilai 88.

Atas keberhasilan ini, Desa Murung Karangan akan menerima uang pembinaan sebesar 50 juta rupiah dari Pemprov Kalsel.

“Untuk tahapan selanjutnya, Desa Murung Karangan ini akan mewakili Provinsi Kalimantan Selatan dalam lomba desa dan kelurahan tingkat regional, di mana untuk kita Kalimantan Selatan ini termasuk kedalam kelompok regional dua, yaitu Kalimantan dan Sulawesi. Posisinya pada saat ini sudah memasuki tahapan penilaian administrasi, dan kemarin pada tanggal 3 Juli, keseluruhan berkas administrasi untuk lomba desa dan kelurahan ini, khususnya dari Desa Murung Karangan, sudah dilakukan penginputan pada web epdeskel Kemendagri,” ujar Aidy Risyawal, Kabid Pemerintahan Desa DPMD Tabalong.

Baca Juga  Musabaqah Tafsir Qur'an 3 Bahasa

Diketahui bahwa pada Lomba Desa tingkat Provinsi Kalimantan Selatan terdapat tiga aspek penilaian, yaitu pemerintahan, ke wilayahan, serta kemasyarakatan. Yang menjadi penekanan dalam penilaian Lomba Desa ini adalah penyelesaian batas desa, inovasi e-government pelayanan di desa, dan inovasi produk unggulan desa.

(Dano Nafari, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment