Home Tabalong Hari Ini Puluhan Perempuan Murung Karangan Dilatih Membuat Kue

Puluhan Perempuan Murung Karangan Dilatih Membuat Kue

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana DP3AP2KB Tabalong melaksanakan pelatihan keterampilan berupa pembuatan roti dan kue bagi puluhan perempuan di Desa Murung Karangan, Kecamatan Muara Harus. Melalui pelatihan tersebut, diharapkan para perempuan dapat membuat roti dan kue yang dapat dijual, sehingga meningkatkan perekonomian keluarga.

Sebanyak 20 perempuan mengikuti pelatihan keterampilan yang diselenggarakan oleh DP3AP2KBTabalong pada Senin, 30 Oktober 2023, di Desa Murung Karangan, Kecamatan Muara Harus. Pelatihan keterampilan ini fokus pada pembuatan roti dan kue.

Kepala DP3AP2KBTabalong, Rusmadi, mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) kelompok Prima, perempuan maju mandiri, di Desa Murung Karangan. Ia berharap pelatihan ini dapat menghasilkan perempuan yang terampil dalam membuat roti dan kue yang dapat dijual, sehingga meningkatkan perekonomian keluarga.

“Kami berharap kepala desa Murung Karangan dapat memantau dan membina kelompok Prima ini agar benar-benar produktif menghasilkan dari pelatihan ini untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” kata Rusmadi.

Kepala Desa Murung Karangan, Riduan Nor Hadi, mengapresiasi program DP3AP2KBTabalong yang dilaksanakan di desa ini. Program ini dianggap sebagai motivasi dari Pemerintah Daerah untuk meningkatkan pendapatan ekonomi rumah tangga. Ia juga berkomitmen untuk memantau kelanjutan hasil pelatihan dan mengembangkannya sehingga Desa Murung Karangan dapat menjadi desa mandiri.

Baca Juga  Maulid di Masjid Agung Tanjung Jadi Momen Silaturahmi Pemerintah dan Masyarakat

“Kami siap memantau kegiatan ini dan insyaallah akan berkelanjutan, karena kami beberapa tahun belakangan, yaitu 2020, kami melaksanakan kegiatan serupa menggunakan dana desa,” kata Riduan Nor Hadi.

Pelatihan bagi perempuan Tabalong ini merupakan program tahunan DP3AP2KBTabalong. Sebelumnya, melalui APBD Tahun 2023, DP3AP2KBTabalong telah melaksanakan pelatihan serupa di 6 desa dan kecamatan yang berbeda. Kemudian, melalui APBD Perubahan 2023, pelatihan dilanjutkan di Desa Murung Karangan, Kecamatan Muara Harus, dan Desa Pudak Setegal, Kecamatan Kelua.

Selain memberikan pelatihan, DP3AP2KBTabalong juga memfasilitasi pemasaran hasil produk olahan perempuan Tabalong, yaitu outlet pusat oleh-oleh Prima di Pusat Kuliner Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Pada kesempatan ini, DP3AP2KBTabalong bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan Tabalong untuk menyampaikan sosialisasi teknik pemasaran dan pengemasan hasil produk. Sosialisasi disampaikan oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Sofiansyah.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment