Polda Kalsel Dorong Penyuluh Kehutanan Sukseskan Pemulihan Ekonomi

by tabalong hari ini
0 comment

Subdit Ekonomi Direktorat Intelkam Polda Kalsel memberikan Sosialisai Pemulihan Ekonomi di Kecamatan Muara Uya pada 30 Juli 2022. Sosialisasi kali ini diberikan pada masyarakat Tabalong, melalui Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) dan Kelompok Tani Hutan.

Dalam sosialisasi ini Polda Kalsel mendorong PKSM dan Kelompok Tani Hutan ikut serta membantu program pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional. Kanit 4 Subdit Ekonomi Dit Intelkam Polda Kalsel, Iptu Jenny Rahman, mengatakan, pihaknya mendorong para kelompok tani yang memiliki usaha kecil mikro bisa menambah pendapatan dengan memanfaatkan hasil hutan dengan bijak dan positif.

 “Jadi kita mendorong para kelompok tani yang memiliki usaha usaha kecil mikro agar bisa mendapatkan pendapatan lewat kegiatan-kegiatan yang bersifat positif”  kata Iptu Jenny Rahman, Kanit 4 Subdit Ekonomi Ditintelkam Polda Kalsel.

“Dengan adanya sosialisasi ini mereka bisa memanfaatkan hasil hutan ataupun HBK untuk menambah penghasilan mereka, nanti mungkin dibantu dengan fasilitas fasilitas yang masih kurang, bisa kita fasilitasi, untuk meningkatkan produksi hbk mereka” kata Ahmad Aidil Fahruraji, Kasi Pemanfaatan Hutan KPH Tabalong.

Sosialisasi ini disambut positif PKSM Tabalong. Ketua PKSM Tabalong, Isyayar Apata Sumba, mengharapkan kegiatan ini dapat berkelanjutan. karena iya meyakini, proses ini, dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat yang bergantung pada hasil hutan.

“Warga masyarakat sangat butuh hal-hal seperti ini, semoga ini berkelanjutan, dan warga nanti bisa mengangkat derajat hidup. memang kegiatan ini tidak langsung jadi, tapi kedepannya akan mengarah kepada perbaikan taraf hidup masyarakat dengan mendapatkan pendapatan tambahan dengan menaman dan kegiatan lainnya,” tutur Isyayar Apata Sumba, Ketua PKSM Tabalong.

Selain mendorong pemulihan ekonomi melalui pemanfaatan hasil hutan, dalam kesempatan ini pihak Polda Kalsel juga mengimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, serta tidak melakukan Ilegal Logging. Petani hutan juga diminta untuk selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk peningkatan produksi petani hutan. Hingga saat ini Kabupaten Tabalong sudah memiliki 20 anggota PKSM yang tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Tabalong.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment