Home Tabalong Hari IniHaji Tabalong Rombongan Terakhir Jamaah Haji Tabalong Dilepas Menuju Asrama Haji

Rombongan Terakhir Jamaah Haji Tabalong Dilepas Menuju Asrama Haji

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong kembali melepas ratusan jemaah haji menuju Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru. Jemaah haji pun diharapkan dapat terus menjaga kesehatan dan kekompakan selama pelaksanaan ibadah haji.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Tabalong dan Kepala Kemenag Kabupaten Tabalong beserta jajarannya melepas sebanyak 314 jemaah haji dan 6 orang petugas haji menuju Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru, Selasa, 4 Juni 2024.

320 jemaah haji yang tergabung dalam Kloter 18 Embarkasi Banjarmasin ini diberangkatkan menggunakan 9 unit bus yang difasilitasi pemerintah daerah.

Sebelum berangkat, para jemaah haji terlebih dahulu mengikuti seremonial pelepasan dan melakukan salat Ashar berjamaah di Aula Pendopo Bersinar Pembataan.

Dalam sambutannya, Kepala Bagian Kesra Setda Tabalong, Alipansyah, berpesan agar seluruh jemaah haji dapat memperhatikan kesehatannya karena rangkaian ibadah haji memerlukan tenaga dan juga pikiran.

Selain itu, ia juga berpesan agar jemaah haji terus menjaga keharmonisan dan kekompakan antar jemaah haji Kabupaten Tabalong.

“Kemudian kami berpesan atas nama pemerintah Kabupaten Tabalong kepada bapak ibu sekalian agar dapat menjaga kesehatan karena kegiatan ibadah haji ini memerlukan tenaga dan pikiran. Jadi bapak dan ibu sekalian bisa memilih dan mengatur agar bagaimana kesehatan bapak ibu sekalian bisa terjaga. Kemudian yang kedua, kami berpesan agar dijaga kekompakan terutama yang satu kloter. Jadi kita jaga kekompakan untuk Kabupaten Tabalong,” ujar Alipansyah, Kabag Kesra Setda Tabalong.

Baca Juga  Finishing Raperda Perubahan Penyelenggaraan LPPL Kabupaten Tabalong

Sementara itu, diwawancarai usai kegiatan, Kepala Kemenag Kabupaten Tabalong, Sahidul Bakhri, juga berpesan agar setibanya di Tanah Suci, jemaah haji terlebih dahulu mengutamakan ibadah wajib dan tidak mendahulukan yang sunah. Pasalnya, kedatangan jemaah haji Kloter 18 mendekati dengan pelaksanaan ibadah wajib yang disebut dengan Armuzna atau Arafah, Musdalifah, dan Mina.

“Maka jemaah diharapkan tidak melakukan hal-hal yang sifatnya sunah karena posisi haji sangat dekat dengan Armuzna. Sehingga pesan kami kepada jemaah Kloter 18 ini, setelah melaksanakan umrah wajib nanti fokus persiapan untuk persiapan Arafah, Musdalifah, Mina (Armuzna) dan sebagainya,” ujar Sahidul Bakhri, Kepala Kemenag Kab. Tabalong.

Sahidul menambahkan bahwa sejauh ini proses keberangkatan jemaah haji berjalan dengan lancar, mulai dari persiapan koper hingga proses keberangkatan. Jemaah haji pun diperkirakan akan tiba di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru pada pukul 10 malam.

Dan akan berangkat menuju ke Tanah Suci pada Kamis, 6 Juni 2024, pukul 8 pagi menggunakan pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GIA 8118.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment