Home Tabalong Hari Ini POR KORPRI Kementerian Agama Se-Kalsel Jadi Ajang Lestarikan Permainan Tradisional

POR KORPRI Kementerian Agama Se-Kalsel Jadi Ajang Lestarikan Permainan Tradisional

by Muhammad Rais
0 comment

Kegiatan Pekan Olahraga (POR) KORPRI Kementerian Agama Se-Kalimantan Selatan ke-3 yang digelar di Tabalong disambut baik oleh sejumlah peserta. Peserta menilai selain menjadi ajang silaturahmi, hadirnya permainan tradisional dalam ajang ini juga merupakan salah satu upaya melestarikan budaya daerah.

Usai pembukaan Pekan Olahraga (POR) KORPRI Kementerian Agama Se-Kalimantan Selatan ke-3 yang dilaksanakan di halaman Pendopo Bersinar Pembataan pada Jumat, 15 September 2023, kegiatan langsung dilanjutkan dengan lomba permainan tradisional bakiai dan juga balogo.

Perlombaan permainan tradisional ini pun diikuti antusias oleh para kontingen yang berasal dari Kantor Perwakilan Kementerian Agama di 13 kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan.

Kontingen dari Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, Yustisiana, mengaku sangat antusias mengikuti perlombaan permainan tradisional. Selain mengingat momen masa kecil, kegiatan lomba ini juga dinilai mampu menjadi ajang untuk melestarikan kekayaan permainan tradisional yang ada di Kalimantan Selatan.

“Aduh, luar biasa sekali ya, di era digital ini kami lebih dekat dengan handphone masing-masing, membawa handphone seperti ini sangat antusias mengikuti lomba seperti ini sehingga handphone lebih disingkirkan terlebih dahulu, ya lebih mengingat kita ke masa kecil ya bu ya,” ujar Yustisiana, kontingen Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalsel.

Senada dengan hal tersebut, kontingen asal Kabupaten Tanah Laut, Alfianor, juga mengatakan bahwa perlombaan permainan tradisional sangat bagus dilaksanakan untuk mengenalkan, mengingatkan, dan mengembangkan kembali olahraga tradisional di Kalimantan Selatan.

Baca Juga  Bapenda Harap Target PBB-P2 Murung Pudak Terealisasi Maksimal

“Lomba tradisional ini sangat bagus untuk dilaksanakan dalam rangka kita mengembangkan kembali olahraga-olahraga tradisional yang mungkin terlupakan oleh generasi kita, dengan banyaknya game online sekarang ini, terlupakan. Maka dari itu dengan adanya moment saat ini, inilah momentum yang bagus untuk mengembangkan kembali olahraga-olahraga tradisional di Kalimantan Selatan,” ujar Alfianor, kontingen Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut.

Disamping itu, kegiatan Pekan Olahraga (POR) KORPRI Kementerian Agama Se-Kalimantan Selatan yang ke-3 juga dimaknai oleh para kontingen sebagai ajang untuk membangun silaturahmi satu sama lain. Kegiatan ini pun diharapkan dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya, dengan berbagai jenis perlombaan yang lebih beragam.

Diketahui, kegiatan ini berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 15 hingga 16 September 2023. Terdapat 6 jenis lomba yang dipertandingkan, yaitu lomba catur, lomba tenis meja, lomba bulu tangkis, lomba voli, serta lomba permainan tradisional seperti bakiai dan juga balogo.Top of Form

(Maria Ulfah/ TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment