Home Tabalong Hari IniKesehatan Tingkatkan Data Gizi Tabalong, Surveilans Gizi se-Tabalong Dikumpulkan

Tingkatkan Data Gizi Tabalong, Surveilans Gizi se-Tabalong Dikumpulkan

by Muhammad Rais
0 comment

Untuk meningkatkan pencatatan data gizi di Kabupaten Tabalong, Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong melaksanakan evaluasi bagi petugas gizi tingkat kecamatan se-Kabupaten Tabalong pada Jumat, 7 Juli 2023.

Evaluasi surveilans gizi tingkat Kabupaten Tabalong bagi pemegang program gizi di tingkat kecamatan se-Kabupaten Tabalong digelar di Gedung Informasi Tanjung.

Dalam evaluasi ini, Dinkes Tabalong menghadirkan Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes Provinsi Kalimantan Selatan, Yuliani, sebagai narasumber.

Yuliani menjelaskan surveilans gizi bertugas melaksanakan pengamatan terus menerus terkait data bermasalah maupun tidak bermasalah yang dilakukan setiap bulan, sehingga akan menghasilkan data real-time yang termuat pada Aplikasi Elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat atau EPPGBM.

Para surveilans gizi harus mengentri data setiap bulannya dengan target minimal 80% dari total sasaran.

Dimana pencatatan di aplikasi EPPGBM akan meningkat hingga 80% di bulan Februari dan Agustus setiap tahunnya, mengingat dua bulan tersebut bertepatan dengan pemberian vitamin pada anak.

“Bagaimana nanti teman-teman di lapangan agar membuat inovasi lagi, gimana caranya agar di bulan-bulan yang tidak ada pemberian vitamin A, capaian penimbangan dan pengentrian ke dalam aplikasi EPPGBM juga meningkat sama dengan bulan-bulan lainnya, di bulan Februari dan Agustus,” ujar Yuliani, Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca Juga  Berada Dekat Pipa Minyak Pertamina, Sumiati: Relokasi Puskesmas Jaro Urgent!

Yuliani menambahkan melalui kegiatan ini nantinya akan menghasilkan kesepakatan batas akhir pengentrian data melalui aplikasi EPPGBM oleh petugas gizi setiap bulannya.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment