Home Tabalong Hari Ini Pembangunan Saluran Drainase Masuk Usulan Prioritas Musrenbang Tanjung

Pembangunan Saluran Drainase Masuk Usulan Prioritas Musrenbang Tanjung

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong kembali melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2025 tingkat Kecamatan Tanjung. Sebanyak 137 usulan berhasil dihimpun, yang didominasi pada bidang infrastruktur.

Musrenbang RKPD Kabupaten Tabalong Tahun 2025 tingkat Kecamatan Tanjung digelar pada Senin, 29 Januari 2024, di halaman kantor Kecamatan Tanjung.

Dalam Musrenbang ini, sebanyak 137 usulan yang merupakan hasil dari musrenbang di 11 desa dan 4 kelurahan telah terinput dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah atau SID.

Dari seluruh usulan tersebut, sebanyak 59 persen untuk bidang infrastruktur, 20 persen bidang ekonomi, dan 21 persen bidang pelayanan publik.

Pelaksana Harian Kepala Bappeda Litbang Tabalong, Sujadi, menjelaskan bahwa usulan ini nantinya akan dibahas melalui trilateral desk dan akan menghasilkan usulan-usulan prioritas.

“Terdiri dari usulan infrastruktur sebanyak 81 usulan atau 59 persen, bidang ekonomi sebanyak 27 usulan atau 20 persen, dan pelayanan publik sebanyak 29 usulan atau 21 persen. Semua usulan yang berjumlah itu akan dibicarakan dalam kegiatan mekanisme musrenbang kecamatan melalui trilateral desk yang akan dipandu oleh Bappeda Litbang,” ujar Sujadi, PLH Kepala Bappeda Litbang Tabalong.

Sementara itu, Camat Tanjung, Rofik Aziddin, menuturkan bahwa saat ini usulan yang disampaikan dalam musrenbang berfokus pada program pembangunan wilayah pedesaan dan kelurahan, mengingat sebagian besar pembangunan di wilayah Kota Tanjung telah masuk dalam program SKPD.

Baca Juga  Musrenbang Tanjung, Peningkatan Pertanian & Perkebunan Jadi Perhatian

“Karena sebagian besar memang untuk jalan-jalan utama, jembatan, dan sebagainya itu memang sudah terakomodir. Hanya sekarang usulan bergeser ke yang lebih dalam, jadi akan kami sampaikan. Memang ada beberapa usulan yang menurut kami masih belum optimal dan tahun ini akan kami usulkan lagi,” ungkap Rofik Aziddin, Camat Tanjung.

Rofik Aziddin menambahkan bahwa usulan yang menjadi prioritas Kecamatan Tanjung adalah peningkatan jalan Mahrawi dari Jangkung ke Kambitin, penanganan jalan Hikun sampai ke Mahe, peningkatan saluran drainase, pembangunan jalan dari Garunggung ke Kasiau Raya, pembangunan jalan tembus dari Mahe ke Kitang hingga Juai, peningkatan jalan Tebing Siring ke Manunggul, serta pembebasan lahan untuk relokasi kelurahan Jangkung.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment