Home Tabalong Hari IniPendidikan 144 Peserta Ikuti Pelatihan Vokasi Tahap II di BLK Tabalong

144 Peserta Ikuti Pelatihan Vokasi Tahap II di BLK Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Ratusan peserta bakal mengikuti program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Tahap Dua yang digelar UPTD Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Tabalong tahun ini. Program ini dibuka secara resmi pada Jumat, 16 Juni 2023, di Pendopo Bersinar Pembataan.

Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Tahap II melalui dana APBD dan APBN tahun 2023 diikuti 144 peserta yang tersebar di 9 kejuruan. Dimana setiap kejuruan terdapat 16 orang yang akan mengikuti pelatihan.

Untuk dana APBD sendiri tersedia 5 kejuruan, yaitu kejuruan Desainer Grafis Muda, Operator Komputer Muda, Las Listrik, Teknisi Akuntansi Junior, dan Pembuatan Roti dan Kue.

Sedangkan pelatihan yang bersumber dari dana APBN terdapat 4 kejuruan, yaitu kejuruan Pemeliharaan Kendaraan Sistem Injeksi, Pemeliharaan dan Perbaikan AC Rumah Tangga, Menjahit Pakaian Wanita Dewasa, dan Pemasangan Instalasi Listrik Rumah Sederhana.

“Pelatihan yang kita adakan dalam tahap kedua ini 4 angkatan dari APBN, jadi jumlahnya 64, dari APBD 5. Jadi 80 ditambah 64 berarti 144,” ujar Suhartojo, Kepala UPTD BLK Kab. Tabalong.

Dalam sambutannya saat membuka program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Tahap II, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong, Norzain Ahmad Yani berharap agar pelatihan yang digelar kali ini mampu meningkatkan kemampuan dan rasa percaya diri para peserta.

Baca Juga  Real Count Sementara KPU, Ini 30 Caleg yang Berpeluang Duduk di DPRD Tabalong

“Melalui kegiatan pelatihan keterampilan seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan rasa percaya diri para tenaga kerja produktif, terutama dalam upaya memanfaatkan peluang kerja atau peluang usaha secara mandiri,” ujar Norzain A. Yani, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong.

Dalam kesempatan ini, UPTD BLK Kabupaten Tabalong secara simbolis menyerahkan dokumen kerjasama dengan PT. Adaro Indonesia mengenai program pemagangan bagi 25 orang peserta yang sudah mengikuti kegiatan pelatihan di UPTD BLK Kabupaten Tabalong sebelumnya.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment