Home Editor's Picks Pengembangan Agrowisata Haruai-Upau Jadi Unggulan Tabalong

Pengembangan Agrowisata Haruai-Upau Jadi Unggulan Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Pemkab Tabalong mendorong potensi agrowisata di Kecamatan Upau dan Haruai terus dikembangkan. Pasalnya potensi tersebut dinilai jadi salah satu unggulan agrowisata di Kabupaten Tabalong.

Pada Musrenbang tingkat Kecamatan Haruai dan Upau yang digelar di Kecamatan Haruai pada Kamis 2 Februari 2023 tadi , Bupati Tabalong Haji Anang Syakhfiani meminta pengembangan potensi agrowisata di Kecamatan Haruai dan Kecamatan Upau , perlu menjadi perhatian khusus.

Pasalnya menurut Bupati Anang, kedua wilayah tersebut telah memiliki sejumlah destinasi wisata yang layak diunggulkan. 

Seperti di Kecamatan Upau yang terkenal dengan kampung wisata alam dan budaya, diperkuat dengan pencanangan Kampung Budaya, yaitu Desa Pangelak , Desa Kaong, dan Desa Kinarum, dapat menjadi potensi unggulan untuk pengembangan agrowisata, khususnya buah-buahan.

Sedangkan untuk Kecamatan Haruai, menurut Anang dengan dicanangkan nya desa catur karya sebagai kampung hortikultur dan dilengkapi hadirnya pasar agribisnis di Desa Kembang Kuning tentu juga akan menjadi sektor unggulan pengembangan agrowisata di bidang hortikultura, sekaligus memperkuat kawasan industri Seradang.

“Nah oleh sebab itu, budayanya di Kaong, Kinarum, Pangelak, kemudian bisa ditambah agro, saya 7 tahun yang lalu sudah bicara, ayo kita cari tanah 5 hektar di Pangelak itu kita jadikan sebagai kebun, kebun buah, jadi habis orang lihat pesta adat, buliknya bawa tiwadak. Banyak diantara kita yang lupa bahwa tiwadak yang terkenal itu tiwadak Warukin, orang dayak itu,” tuturnya.

Baca Juga  Pentas Seni dan Pelepasan Siswa TK Wardatussholihin

Bupati Anang menambahkan, pengembangan sektor agrowisata menjadi salah satu program prioritas rencana kerja pemerintah daerah Tabalong Tahun 2024, dengan harapan mampu meningkatkan perekonomian warga sekaligus mempersiapkan Tabalong sebagai wilayah penyangga IKN.

Dano Nafarin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment