Perjuangkan 3 Pembangunan Proyek Strategis Nasional, Komisi III DPRD Temui Jajaran Bappenas.

by tabalong hari ini
0 comment

Perjuangkan Pembangunan Daerah Masuk dalam Proyek Strategis Pembangunan Nasional. Komisi III DPRD Tabalong bersama Bappedalitbang kunjungi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional di Jakarta, Senin 3 April 2023.

Dalam kunjungannya, Komisi III memperjuangkan sejumlah program pembangunan di Kabupaten Tabalong agar menjadi prioritas pembangunan pemerintah pusat guna menunjang keberadaan ibukota negara baru.

Adapun pembangunan yang diusulkan, antara lain pembangunan bandara berskala internasional di lahan seluas 200 hektar di Desa Kambitin, Kecamatan Tanjung, guna menunjang transportasi udara daerah penyangga IKN, pembangunan bendungan di wilayah utara Tabalong seperti di Desa Burum, Kecamatan Bintang Ara, dan Desa Sungai Kumap, Kecamatan Muara Uya, guna mencegah terjadinya banjir dan menunjang pengairan sawah hingga sumber air minum, serta pembangunan jalur kereta api sepanjang 500 kilometer yang menghubungkan Tabalong Kalimantan Selatan menuju Kalimantan Timur.

Ketua Komisi III DPRD Tabalong, Supoyo, berharap proyek strategis nasional ini dapat terealisasi sehingga akan semakin memperkuat posisi Tabalong sebagai serambi depan Kalimantan Selatan penyangga ibukota nusantara.

“Setelah progress dari pada PSN proyek strategis nasional ini terealisasi di tahun-tahun yang akan datang, dan kita sebagai penyangga IKN, dengan adanya bangunan-bangunan tersebut insyaallah kedepan dari bangunan-bangunan tersebut akan menunjang ekonomi yang pertama, dan yang kedua adalah penunjang sdm bagi masyarakat Tabalong.” ujar Supoyo, Ketua Komisi III DPRD Tabalong.

Kunjungan ini diikuti Wakil Ketua DPRD Tabalong, Habib Muhammad Taufani Alkaff, Ketua Komisi III DPRD Tabalong, Supoyo, sejumlah anggota Komisi III DPRD Tabalong, dan Kepala Bappedalitbang Tabalong, Noor Rifani.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment