Home Tabalong Hari Ini Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Bupati Anang Pinta Kades di Pugaan Gali Potensi Desa

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Bupati Anang Pinta Kades di Pugaan Gali Potensi Desa

by Muhammad Rais
0 comment

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mendorong pemerintah desa di Kecamatan Pugaan tidak hanya berfokus pada peningkatan infrastruktur dalam usulan Musrenbang, namun juga konsen pada upaya menggali potensi desa. Pasalnya, upaya tersebut akan memacu berkembangnya usaha baru di masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong tahun 2025 tingkat kecamatan, Rabu, 24 Januari 2024, di halaman kantor Kecamatan Pugaan.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menjelaskan bahwa usulan di bidang infrastruktur dalam Musrenbang harus diimbangi dengan upaya pengembangan usaha baru di desa. Terlebih menurutnya, Kecamatan Pugaan memiliki kekayaan yang cukup melimpah dan potensial dikembangkan seperti areal persawahan, perikanan, maupun wisata air.

Untuk itu, Bupati Anang mendorong agar pemerintahan desa semakin kreatif dan inovatif mengembangkan potensi desa sehingga menjadi peluang usaha baru masyarakat.

“Organisasi pemerintah daerah lainnya juga ikut memikirkan bagaimana kita melakukan terobosan-terobosan dan pemikiran, agar warga masyarakat Kecamatan Pugaan ini bisa mengembangkan usaha baru, kalau usaha lama itu sudah jelas. Kalau kita nginap di Jirak lalu jam 3 dan jam 4 subuh rame sepeda motor, itu pasti orang Jirak membawa iwak ke pasar Telaga Itar, tapi setelah menjelang sholat subuh itu sepi, itu biasa. Nah maksud saya tidak hanya jam 3 jam 4 subuh tetapi jam-jam lain. Dan Pugaan terkenal karena produk-produk petani tadi,” ungkap Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Baca Juga  Dispersip Kukar Belajar Soal Pemusnahan Arsip di Tabalong

Bupati Anang menambahkan bahwa melalui berbagai terobosan dan pemikiran yang berkembang untuk usaha baru, diharapkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Pugaan dapat semakin meningkat, sehingga akan berdampak pada penurunan angka kemiskinan.

Diketahui, saat ini ekonomi mayoritas masyarakat Pugaan masih bergantung pada sektor pertanian. Dari sekitar 662 hektar lahan pertanian yang digarap, masyarakat mampu menghasilkan hingga 6 ribu ton padi pertahun.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment