Home Editor's Picks Festival Cinta Al-Quran Jadi Wahana Edukasi Agama bagi Anak di Padang Panjang

Festival Cinta Al-Quran Jadi Wahana Edukasi Agama bagi Anak di Padang Panjang

by tabalong hari ini
0 comment

Forum Pemuda Bangun Bangsa Tabalong bersama Pemerintah Desa Padang Panjang, Kecamatan Tanta menggelar Festival Cinta Al-Quran 4 hingga 11 April 2023. Kegiatan ini digelar dalam rangka mengembangkan minat anak di bidang keagamaan.

Kegiatan Festival Cinta Al-Quran yang rutin digelar setiap bulan Ramadan digelar di Masjid Nurul Rahman, RT 3 Desa Padang Panjang.

Terdapat 3 macam lomba yang dipertandingkan dalam festival ini, di antaranya lomba baca Al-Quran, lomba adzan, serta lomba kaligrafi.

Setidaknya 100 orang peserta berpartisipasi dalam ajang ini yang terdiri dari pelajar Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang ada di Desa Padang Panjang.

Saat ditemui usai acara penutupan kegiatan Festival Cinta Al-Quran, Ketua Forum Pemuda Bangun Bangsa, Syam’ani mengatakan, Kegiatan ini digelar dalam rangka mengajak anak-anak di Desa Padang Panjang untuk bisa mengkaji Al-Quran, dengan harapan agar bisa berkembang dalam bidang keagamaan.

“Yang pasti kegiatannya di bulan suci Ramadan kita mengajak para adik-adik kita untuk ikut berlomba, untuk bisa mengkaji kebisaan, bakat-bakat mereka, jadi harapan kami sebagai organisasi Forum Pemuda Bangun Bangsa Tabalong untuk kegiatan ini kami adakan, kami memang berdasarkan agama, jadi sesuai dengan visi dan misi kita, agama, sosial, dan kemasyarakatan, harapan kami itu, jadi semoga anak-anak kita, adik-adik kita bisa berkembang baik khususnya dalam bidang agama.” ujar Syam’ani.

Baca Juga  Komisi 1 DPRD Tabalong Dorong Disdik Siapkan Sekolah Inklusi

Sementara itu, Camat Tanta, Ady Fazar mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Forum Pemuda Bangun Bangsa ini. Dirinya berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi desa-desa lain agar bisa melaksanakan kegiatan serupa.

“Jadi kami lihat memang Padang Panjang ini jadi inspirasi desa-desa lain, salah satunya ini, karena desa lain belum ada melaksanakan, barangkali ini bisa dikatakan mini nya MTQ, barangkali kedepannya kita akan menambah lagi mata lomba,” ujar Ady Fazar.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan trophy dan uang pembinaan kepada juara 1, 2, dan 3 serta juara harapan 1 dan 2 menjadi penutup Festival Cinta Al-Quran. Selain pembagian hadiah, kegiatan ini juga diisi tausiyah oleh Ustad Fajerianur yang membawakan tema Kemuliaan Bulan Ramadan dan Keutamaan Membaca Al-Quran.

Dalam penutupan Festival Cinta Al-Quran ini, turut dihadiri berbagai stakeholder terkait, antara lain Camat Tanta bersama unsur Forkopimca, Kepala Desa Padang Panjang, Kepala Desa Dahai, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di Desa Padang Panjang, dan para wali dari peserta yang hadir.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment