Home Editor's Picks Modernisasi Pertanian Jadi Cara DKPPTPH Wujudkan Tabalong Penyangga IKN

Modernisasi Pertanian Jadi Cara DKPPTPH Wujudkan Tabalong Penyangga IKN

by tabalong hari ini
0 comment

DKPPTPH Tabalong menjalankan berbagai program guna mewujudkan Kabupaten Tabalong sebagai penyokong pangan ibukota negara baru, salah satunya adalah melalui program modernisasi pertanian.

Inilah mesin Combine Harvester atau Pemanen Kombinasi yang dianggarkan melalui APBD Kabupaten Tabalong tahun 2022 sebesar 550 juta rupiah. Mesin ini memudahkan petani memanen padi menjadi gabah kering panen, perdana dioperasikan pada Rabu, 3 Mei 2023, di Desa Nawin, Kecamatan Haruai. Mesin ini diperuntukkan bagi petani di wilayah utara Tabalong.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Tabalong, Fahrul Raji, yang ditemui terpisah usai halal bihalal dan silaturahmi insan pertanian pada Sabtu, 6 Mei 2023, di Hikun Agri Park, Kecamatan Tanjung, mengatakan bahwa pengadaan mesin Combine Harvester merupakan salah satu upaya modernisasi pertanian guna mewujudkan Kabupaten Tabalong sebagai penyokong pangan ibukota negara baru.

“Nah, modernisasi pertanian itu bisa melalui bantuan peralatan-peralatan, maupun juga peningkatan modernisasi keilmuan dari kawan-kawan petani, kawan-kawan penyuluh kita tingkatkan kompetensinya.” ujar Fahrul Raji.

DKPPTPH Tabalong berencana kembali menganggarkan mesin Combine Harvester sebanyak 2 unit melalui APBD tahun 2023. Dua unit mesin ini akan diperuntukkan bagi petani di wilayah selatan dan wilayah tengah Tabalong.

Selain modernisasi pertanian, DKPPTPH Tabalong juga mengalokasikan bantuan peralatan dan bibit untuk komoditas hortikultura, benih ikan, serta bantuan asuransi pasca bencana bagi insan pertanian.

Baca Juga  Rakorda Regsosek Penting Dukung Perlindungan Sosial

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment