Home Tabalong Hari Ini 2 TPS Khusus Ditempatkan di Lapas Kelas IIB Tanjung

2 TPS Khusus Ditempatkan di Lapas Kelas IIB Tanjung

by Muhammad Rais
0 comment

Selain di Rutan Kelas Dua B Tanjung, dua TPS khusus ditempatkan di Lapas Kelas Dua B Tanjung. Dua TPS khusus tersebut akan memfasilitasi hak pilih ratusan WBP, baik yang terdaftar sebagai DPT maupun DPTB.

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas Dua B Tanjung menyiapkan aula serbaguna Lapas sebagai lokasi untuk dua TPS khusus Pemilu tahun 2024 mendatang, seperti yang terpantau pada Jumat, 2 Februari 2024. Dua TPS khusus ini akan memfasilitasi hak pilih ratusan WBP Lapas Tanjung saat hari pencoblosan pada 14 Februari 2024.

Kepala Lapas Kelas Dua B Tanjung, Heru Yuswanto, yang ditemui di ruang kerjanya menyebutkan, terdata dari 414 WBP saat ini, 301 WBP terdaftar sebagai DPT, dan 113 WBP dalam tahap pengusulan sebagai DPTB. Menurutnya, data DPT maupun DPTB tersebut masih menunggu verifikasi KPU Tabalong.

Selain WBP, sebanyak 42 petugas Lapas diusulkan sebagai DPTB, 14 di antaranya karena bertugas sebagai petugas KPPS, serta sisanya bertugas pengamanan dan/atau karena KTP-nya berdomisili di luar Kabupaten Tabalong. Sehingga total pemilih yang diusulkan berjumlah 465 orang.

“Pengamanan nanti seluruh pegawai akan kami libatkan untuk pengamanan, karena ini adalah syukuran atau hajat negara, momen-momen penting. Jadi semua warga binaan kita akan keluarkan nanti, jadi pengamanan harus ekstra. Tidak menutup kemungkinan nanti ada pengamanan tambahan dari TNI/Polri,” kata Heru Yuswanto, Kepala Lapas Kelas IIB Tanjung.

Baca Juga  Warga Upau Diminta Waspada Saat Beraktivitas di Hutan

Heru menambahkan, dua TPS khusus yang disiapkan bukan untuk memisahkan tempat pencoblosan bagi DPT dan DPTB, melainkan mengurai jumlah seluruh pemilih. Pembagian tempat pencoblosan nantinya berdasarkan data sistem KPU, sehingga setiap TPS khusus akan terdapat DPT dan DPTB.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment