Home Editor's Picks Mesjid Al-Munawwarah Telaga Itar Jadi Juara Pawai Tanglong

Mesjid Al-Munawwarah Telaga Itar Jadi Juara Pawai Tanglong

by tabalong hari ini
0 comment

Pengurus Mesjid Al-Munawwarah Desa Telaga Itar Kecamatan Kelua, menjadi juara pertama Gebyar Festival Tanglong Kesembilan tahun 2023. Peserta Pawai Tanglong nomor urut tiga ini mengangkat tema “Mari Kita Jalin Dakwah Islamiyah untuk Bumi Tabalong Lebih Maju dalam Peradaban Islam”.

Inilah mobil hias Pawai Tanglong yang menjadi juara pertama Gebyar Festival Tanglong Kesembilan tahun 2023. Mobil ini menampilkan replika Mesjid Al-Munawwarah Desa Telaga Itar Kecamatan Kelua.

Pengurus Mesjid Al-Munawwarah, Apriadi mengatakan pihaknya membutuhkan waktu selama satu minggu untuk menyelesaikan replika Mesjid ini. Replika Mesjid Al-Munawwarah menggunakan bahan dasar plywood, bambu, dan semen.

“Ya mungkin dari plywood, bambu, dan ada juga semen. Ada seperti ornamen, ada lampu-lampu, cat, dan atap,” ujarnya.

Sementara itu, peserta asal Desa Karangan Putih, Yulfi Syahril memaparkan bahwa pihaknya menampilkan kisah penyergapan Ka’bah oleh pasukan Gajah Raja Abraha yang kemudian dicegah oleh burung Ababil menggunakan batu api dari neraka. Meski pada Tanglong tahun ini pihaknya tidak meraih juara, Yulfi berharap acara ini kembali diselenggarakan tahun berikutnya.

“Harapannya untuk acara ini ya untuk tahun-tahun kedepan bisa diselenggarakan lagi, dan lebih memeriahkan acara pada bulan suci Ramadan ini. Acaranya sudah lama tidak dilaksanakan karena kendala Covid-19 selama 2 tahun, baru kali ini diadakan lagi, dan ini pesertanya cukup meriah,” kata Yulfi Syahril, peserta asal Desa Karangan Putih.

Baca Juga  Tanaman Produktif Akan Ditanam di Sepanjang Jalan Nan Sarunai

Setelah nama Mesjid Al-Munawwarah Desa Telaga Itar, posisi kedua ditempati Masjid Jami Al Muttaqin Desa Bahungin, dan posisi ketiga diraih Langgar Nurul Ihsan Desa Takulat. Sedangkan harapan pertama diraih Langgar Darul Ihsan Desa Pudak Setegal, kedua Langgar Raudatul Fitrah Desa Talaga Itar, dan ketiga Masjid Baitul Kiram Desa Sei Buluh.

Penilaian juara Gebyar Festival Tanglong Kesembilan tahun 2023 dilakukan oleh 4 juri dari Disporapar, Disdikbud, Kemenag, dan MUI. Penilaian berdasarkan kreativitas dan keunikan, serta kesulitan pembuatannya.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment