Home Editor's Picks Gebyar Festival Tanglong ke-IX Tahun 2023 Berlangsung Meriah

Gebyar Festival Tanglong ke-IX Tahun 2023 Berlangsung Meriah

by tabalong hari ini
0 comment

Kecamatan Kelua Kembali Diramaikan dengan Pelaksanaan Gebyar Festival Tanglong pada Senin Malam, 10 April 2023. Festival arak-arakan pawai ini merupakan salah satu cara warga Kelua untuk menyambut malam ganjil pada seperempat malam terakhir bulan Ramadan.

Hujan deras yang sempat mengguyur Kecamatan Kelua tidak mengurangi antusias warga Kelua untuk menyaksikan Gebyar Festival Tanglong kesembilan tahun 2023 yang digelar oleh Remaja Masjid Ar-Ridha Kelua.

Sekitar pukul 9 malam, terpantau warga mulai memadati titik start keberangkatan pawai Tanglong di Terminal Kelua.

Gebyar Festival Tanglong kesembilan tahun 2023 diikuti oleh 32 peserta, 23 diantaranya berasal dari Kecamatan Kelua, sedangkan sisanya dari Kecamatan Banua Lawas, Pugaan, Muara Harus, Haruai, dan Murung Pudak, serta dari kabupaten tetangga, yakni Hulu Sungai Utara dan Barito Timur.

Puluhan peserta berkeliling menggunakan mobil yang sudah dihias dari Terminal Kelua menuju Desa Pudak Setegal, kemudian belok ke arah Desa Ampukung dan Desa Masintan, lalu kembali ke Kelurahan Pulau dan Terminal Kelua.

Berbagai ornamen bernuansa Islami menghiasi mobil pawai Tanglong, mulai dari replika Ka’bah, tempat ibadah, unta, hingga ornamen yang menggambarkan cerita-cerita dalam Al-Quran, seperti pasukan gajah Raja Abrahah, paus yang menelan Nabi Yunus, dan siksa api neraka.

“Jadi setiap tahun, semoga tahun-tahun depan dilaksanakan terus. Semoga semuanya mengikuti lah, semua desa. (Walaupun cuaca lagi hujan seperti ini, tapi Alhamdulillah bapak masih semangat ya) Alhamdulillah sangat semangat mba.” ujar Amin, warga Kelua.

Baca Juga  Rumah Relokasi Warga Ujung Murung Rampung, Disperkim: Tunggu Sistem Sanitasi

Festival Tanglong ini dihadiri Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, Dandim 1008 Tabalong Letkol Czi Catur Witanto, sejumlah pimpinan SKPD, sejumlah anggota DPRD Tabalong, tokoh agama, dan masyarakat setempat.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment