Home Editor's Picks Persiapkan SDM untuk Sambut IKN, UNLAM Bakal Buka Kelas di Tabalong

Persiapkan SDM untuk Sambut IKN, UNLAM Bakal Buka Kelas di Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Dalam mempersiapkan sumber daya manusia untuk Ibu Kota Nusantara, Rektor Universitas Lambung Mangkurat ingin membuka kelas di Kabupaten Tabalong. Kelas ini menargetkan ribuan mahasiswa yang berasal dari tiga provinsi di Kalimantan.

Hal tersebut disampaikan langsung Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Profesor Doktor Ahmad, saat kegiatan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Tabalong dengan Universitas Lambung Mangkurat, Selasa 11 April 2023, di Wisma Tamu Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Profesor Ahmad menjelaskan, dengan letak strategis Kabupaten Tabalong yang berada dekat dengan Ibu Kota Nusantara dan berbatasan langsung dengan Kalimantan Timur dan Tengah, menjadi alasan utama pihaknya membuka kelas di Tabalong. Disamping itu, Profesor Ahmad menilai hadirnya kelas di Tabalong juga sebagai upaya pihaknya mendukung kesiapan sumber daya manusia untuk menyambut IKN serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Kami punya target paling tidak 3 ribu mahasiswa yang hadir, mahasiswa ULM yang hadir di Tabalong, 3 ribu saja, dari mana 3 ribunya sebagian dari Kaltim, sebagian dari Kalteng, sebagian dari Banua Anam, tapi kalau begitu saya tidak tahu bagaimana tingkat percepatan pertumbuhan ekonominya Kabupaten Tabalong,” kata Ahmad, Rektor Unlam.

Sementara itu, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, mengaku siap mendukung dibukanya kelas ULM di Kabupaten Tabalong. Ia meyakini jika kampus ULM hadir di Tabalong maka Universitas Lambung Mangkurat dapat menjadi perguruan tinggi terkemuka di Kalimantan.

Baca Juga  DLH Akan Uji Emisi Ratusan Mobil di Tabalong

“Kalau misalnya ULM mau fokus ke Tabalong, itu saya fikir sebuah langkah yang tepat, bukan berarti saya minta Pak Rektor untuk meninggalkan Banjarmasin dan Banjarbaru. Bahkan kalau kampus ULM ini dipindahkan ke Tabalong, saya yakin ULM ini akan berkembang jadi perguruan tinggi terkemuka terdepan di Kalimantan,” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Selain itu, Bupati Anang menilai hadirnya Universitas Lambung Mangkurat di Kabupaten Tabalong juga dapat berkontribusi dalam peningkatan indeks pembangunan manusia dan peningkatan strata rata lama sekolah masyarakat Kabupaten Tabalong. Disamping itu, diharapkan permasalahan tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Tabalong dapat teratasi dan dapat menurunkan tingkat kemiskinan Kabupaten Tabalong.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment