Home Tabalong Hari Ini Kebakaran Kawasan Padat Penduduk di Kelua, Belasan Rumah Warga Hangus Terbakar

Kebakaran Kawasan Padat Penduduk di Kelua, Belasan Rumah Warga Hangus Terbakar

by Muhammad Rais
0 comment

Musibah kebakaran terjadi di kawasan padat penduduk di Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong, pada Sabtu pagi, 19 Agustus 2023. Kebakaran yang diduga berasal dari korsleting arus listrik ini menghanguskan belasan rumah dan toko.

Saat musibah kebakaran terjadi di kawasan padat penduduk RT 5 Kelurahan Pulau, Kecamatan Kelua, atau tepatnya di samping eks Terminal Kelua Lama.

Api berkobar hebat sejak pukul 9.30 WITA pagi.

Bangunan yang mayoritas terbuat dari bahan kayu membuat api semakin cepat membesar.

Puluhan relawan pemadam kebakaran dari berbagai wilayah di Tabalong, Hulu Sungai Utara hingga Barito Timur, Kalimantan Tengah, turut membantu memadamkan api. Tepat pukul 11.00 WITA, api berhasil dikendalikan.

Sebanyak 15 buah rumah dan toko hangus terbakar.

Kerusakan bervariasi mulai dari 50 persen hingga 100 persen.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Saat dikonfirmasi secara virtual, Camat Kelua, Suwandi, mengatakan bahwa pihaknya bersama jajarannya akan berupaya melakukan pendataan korban kebakaran ini sehingga bantuan dapat segera disalurkan.

Suwandi juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Kecamatan Kelua, untuk selalu hati-hati dan waspada akan musibah kebakaran terlebih saat musim kemarau saat ini.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk memastikan kondisi kabel dan sistem kelistrikan di rumah guna mencegah terjadinya korsleting listrik.

Di hari yang sama, Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tabalong dan Dinas Sosial Tabalong langsung diterjunkan untuk menyerahterimakan berbagai bantuan.

Bantuan diserahkan langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Tabalong, Haris Fakhrozi, didampingi unsur Forkopimca Kelua, Lurah Pulau, dan tokoh masyarakat setempat.

(Tim Liputan TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment