Home DPRD Komisi II dan Disbunnak Tabalong Dukung UPPB Desa Nawin Produksi Asap Cair

Komisi II dan Disbunnak Tabalong Dukung UPPB Desa Nawin Produksi Asap Cair

by tabalong hari ini
0 comment

Jajaran Komisi II DPRD Tabalong bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong melaksanakan kunjungan kerja ke Desa Nawin, Kecamatan Haruai pada Senin, 8 Mei 2023. Kunjungan dilakukan dalam rangka meninjau bangunan gudang Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar atau UPPB.

Peninjauan dipimpin Wakil Ketua Komisi II DPRD Tabalong Mursalin didampingi beberapa anggotanya. Dalam tinjauan ini, Komisi II DPRD Tabalong ingin memastikan kendala yang dihadapi kelompok tani pengelola Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar atau UPPB setempat.

Yang mana sejak dibangun tahun 2022 melalui APBD, gedung UPPB masih belum digunakan secara optimal, lantaran hingga saat ini produksi karet masyarakat sekitar masih menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, modal untuk pengoperasian UPPB juga masih belum tersedia.

Untuk mengatasi hal tersebut, Komisi II DPRD Tabalong bersama Disbunnak sepakat untuk sementara gedung UPPB Desa Nawin akan difungsikan sebagai pengolahan asap cair untuk pengentalan karet, sehingga asap cair yang nantinya diproduksi dapat memiliki nilai jual di kalangan petani.

“Jadi sementara ini ingin memberikan bantuan alat asap cair deorub pembuat pembeku karet, nanti sementara karet ini produksinya menurun, petani bisa memproduksi asap cair dengan menggunakan alat yang khusus kita pesan dari perusahaan. Supaya nanti kedepannya petani itu tidak lagi memakai pupuk SP36 ya, jadi pembekunya itu nanti ya pake asap cair, nanti petani dapat memanfaatkan ini.” ujar Soleh, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Ketua DPRD Mustafa Apresiasi Gerakan Pangan Murah

Wakil Ketua Komisi II DPRD Tabalong, Mursalin berharap agar rencana pembuatan asap cair untuk pengentalan karet dapat segera terealisasi. Pasalnya, ia menilai dengan tidak dianjurkannya SP36 untuk pengentalan karet, maka produksi asap cair sangat dibutuhkan oleh para petani khususnya di wilayah Haruai dan Upau.

“Saya berharap bahwa itu bisa dilaksanakan karena kita yakin dengan hilangnya SP36 masyarakat pasti membutuhkan itu. Sehingga itu akan menjadi mungkin suatu produk andalan nanti yang ada di Desa Nawin umumnya di Kecamatan Haruai dan Upau.” Kata Mursalin.

Mursalin berharap agar pemerintah daerah khususnya Disbunnak Tabalong selaku leading sektor dapat mengawal dan membina para petani untuk memanfaatkan bantuan yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment