Home Tabalong Hari Ini Jembatan Kumap Ambruk Sebabkan Korban Jiwa, Ini Langkah Dinas PUPR Tabalong….

Jembatan Kumap Ambruk Sebabkan Korban Jiwa, Ini Langkah Dinas PUPR Tabalong….

by Muhammad Rais
0 comment

Jembatan Kumap yang menjadi akses penghubung Desa Burum dan Desa Panaan, Kecamatan Bintang Ara, ambruk pada Rabu malam, 2 Agustus 2023. Melihat kondisi tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong langsung meninjau lokasi kejadian.

Ambruknya Jembatan Kumap yang berada di Desa Burum, Kecamatan Bintang Ara, yang menjadi akses penghubung ke Desa Panaan, Kecamatan Bintang Ara, ramai beredar di media sosial. Pasalnya, jembatan tersebut ambruk saat dilintasi sebuah truk bermuatan kayu dan diisi 6 orang penumpang dan satu orang sopir. Truk pun terjatuh ke sungai di bawah jembatan, dan menyebabkan satu orang meninggal dunia.

Mendengar kabar tersebut, keesokan harinya, pada Kamis, 3 Agustus 2023, Dinas PUPR Tabalong melalui Bidang Bina Marga turun langsung ke lokasi untuk meninjau kondisi jembatan tersebut.

Kepala Dinas PUPR Tabalong, saat ditemui di Pendopo Bersinar Pembataan, menjelaskan bahwa kondisi terakhir jembatan yang masih menggunakan konstruksi bangunan dengan lantai ulin dan pagar besi tersebut sedang akan direhabilitasi karena adanya kerusakan pada struktur jembatan.

Selama proses rehabilitasi tersebut, jembatan sementara tidak bisa dilewati oleh kendaraan berat, bahkan rambu larangan tersebut pun telah terpasang di dekat jembatan. Dengan adanya kejadian ini, Dinas PUPR Tabalong akan berusaha mencari solusi agar masyarakat bisa melintas, baik itu membangun jembatan sementara atau akses jalan alternatif yang terdekat. Pasalnya, saat ini akses antar Desa Burum dan Desa Panaan putus total.

Baca Juga  Pemkab Tabalong Naikkan Nominal Bantuan Makan Anak Yatim Piatu di Tahun 2024

“Ya pasti lalu lintas itu kan harus lancar, dengan adanya ini kami sambil mungkin memikirkan perbaikannya seperti apa juga kami mencarikan solusi untuk lewat jalannya di mana,” ujar Wibawa Agung Subrata, Kepala Dinas PUPR Tabalong.

Wibawa Agung menambahkan, sebelum kejadian ambruknya Jembatan Kumap, yang memiliki panjang 42 meter dengan lebar 4 meter, Dinas PUPR Tabalong telah mengusulkan di tahun 2024 untuk pembangunan fisik jembatan, mengingat kondisi jembatan yang telah rapuh karena telah berusia 30 tahun. Hal tersebut pun telah disetujui oleh Banggar DPRD Tabalong ketika pembahasan KUA PPAS tahun anggaran 2024 pada Selasa, 2 Agustus 2023 tadi.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment