Home Editor's Picks Berdiri di Bantaran Sungai, Dapur Rumah Warga Tanta Roboh

Berdiri di Bantaran Sungai, Dapur Rumah Warga Tanta Roboh

by tabalong hari ini
0 comment

Sebuah dapur rumah milik warga Desa Tanta roboh ke sungai pada pukul 4 sore, Jumat 10 Februari 2023. Robohnya dapur tersebut diduga akibat pondasi bangunan yang berdiri di bantaran sungai telah rapuh.

Beginilah kondisi dapur rumah milik Winarsih 46 tahun yang dihuni bersama 3 orang anaknya di RT 1 Desa Tanta Kecamatan Tanta.

Rusaknya bagian dapur rumah terbilang parah lantaran seluruh bagian dapur yang berkonstruksi beton jatuh ke Sungai Mangkusip, sehinga mengakibatkan seluruh barang yang ada di dapur jatuh ke sungai.

Winarsih mengaku tak menyangka, kejadian ini menimpa dirinya, ia menjelaskan saat kejadian dirinya sedang beristirahat di dalam kamar, tak lama kemudian terdengar bunyi keras dan terlihat dapur rumahnya telah roboh ke sungai.

Ia juga mengungkapkan, bangunan dapur miliknya sebelumnya memang sudah retak beberapa centimeter, namun belum sempat diperbaiki, dapur tersebut lebih dulu roboh.

 “Yaitu pa ai kada tahu anuannya kayapa kejadiannya kada tahu, asal mulanya ada retak sadikit kaya itu nah, lalu ada dua jari kaya itu nah, kemaren itu ada disuruh lawan tukang menempeli akan, menambali akan, cuman sambil begayaan, gak ngira pada handak roboh nih kada mengira, lalu pas tadi ulun habis memasak akan ke tempat nenek tadi ulun istirahat sebentar kecapean, kada tahu bunyi meledak kaya meledak kaya itu pang, ulun langsung yaitu roboh itu tadi,” tuturnya.

Baca Juga  Tekan Dampak Negatif Gadget, Melalui Kids Archery Competition

Kepala Pelaksana BPBD Tabalong , saat dikonfirmasi di lokasi kejadian memastikan tidak ada korban jiwa dalam musibah ini , pihaknya dibantu , Relawan UPBS setempat , Koramil , Polsek dan masyarakat langsung terjun membantu evakuasi sejumlah barang dan membersihkan material.

 “Yang jelas kami akan menghimbau kepada masyarakat yang mungkin tinggal di sekitar Sungai Mangkusip Kecamatan Tanta, supaya berhati-hati dan tetap mencek rumahnya terutama rumah mereka yang sifatnya beton Seperti itu,” kata Zahir.

Sementara itu, kepala Desa Tanta Budi Irianto, mengingatkan seluruh Warga Desa Tanta yang rumahnya berada di bantaran sungai untuk selalu waspada dan kembali memastikan konstruksi bangunannya, agar kejadian serupa tidak terulang.

Saat ini, BPBD Tabalong bersama sejumlah pihak terkait akan berkoordinasi untuk memberikan bantuan, sehingga diharapkan dapat membantu meringankan beban korban.

Dano Nafarin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment